Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Reseller dan Dropship, Catat!

Kompas.com - 10/01/2022, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Model bisnis reseller dan dropship dikenal oleh masyarakat khususnya pebisnis. Dua model bisnis tersebut seringkali dianggap sama.

Jika dilihat dari berbagai faktor, ada perbedaan antara reseller dan dropship. Salah satunya dari sisi modal.

Lalu apa saja perbedaan antara reseller dan dropship?

Dilansir dari laman Smesco, dropship adalah bisnis yang relatif minim modal dan bisa dilakukan siapa pun.

Dropship adalah sistem penjualan yang berskema yaitu penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (menyetok barang).

Dengan skema bisnis yang sederhana, bisnis dropship juga bisa dilakukan di mana pun asalkan memiliki koneksi jaringan internet.

Perbedaannya dalam skema dropship, barang bisa dikirim langsung dari pemasoknya ke pembeli. Penjual tak perlu menyediakan tempat dan repot menyimpan maupun melakukan pengemasan barang untuk dikirim ke pembelinya.

Perbedaan lainnya, reseller biasanya harus mengeluarkan modal untuk membeli stok barang dari pemasok untuk kemudian dijual kembali.

Dalam skema kerja sama dropship, dropshipper tak harus mengeluarkan modal karena semua sudah diurus oleh pemasok. Tugas dropshipper hanya mencari pelanggan.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah dari sisi kecepatan pengiriman. Seorang reseller akan bisa mengirimkan barang pesanan pelanggan lantaran barang sudah ada di tangan supplier.

Sementara itu, pengiriman barang dalam siste dropship bergantung kepada supplier. Hal itu karena barang pesanan pelanggan ada di tangan supplier.

Dari sisi ketersediaan barang, seorang dropshipper tak memiliki jaminan ketersediaan barang dari suplier saat stok terbatas. Berbeda halnya dengan reseller, pada saat permintaan tinggi, barang sudah tersedia dan tinggal dikirimkan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com