Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Unggulan Ekspor Indonesia, Apa Saja?

Kompas.com - 26/01/2022, 16:21 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dengan kekayaan sumber daya alam memiliki sejumlah produk ekspor. Ada sejumlah produk ekspor dari Indonesia yang menjadi unggulan di pasar global.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), produk ekspor Indonesia dibagi menjadi dua kategori, yakni minyak dan gas (migas) dan nonmigas. Total nilai produk ekspor non migas yang menjadi unggulan di Indonesia mencapai US$22,84 miliar pada November 2021.

Nah, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah pun bisa turut melirik produk-produk ekspor unggulan di Indonesia. Berikut produk yang menjadi unggulan ekspor yang bisa dijadikan ide usaha oleh pelaku UMKM seperti dikutip dari Smesco.

1. Kelapa sawit

Indonesia masih dikenal sebagai raja sawit dunia karena Indonesia masih menguasai sekitar 55 persen pasar ekspor sawit global.

Menurut data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) pada tahun 2020 nilai ekspor minyak sawit mencapai 34 juta ton dengan nilai US$22,97 miliar.

Minyak sawit Indonesia di ekspor ke beberapa negara meliputi Tiongkok, India, Eropa dan negara-negara lainnya.

2. Karet

Produk pertanian ekspor Indonesia yang menjadi unggulan salah satunya adalah karet. Di tahun 2020, menurut data BPS, total ekspor produk karet ke mancanegara mencapai sekitar 2,2 juta ton dengan nilai US$2,9 miliar.

Negara utama tujuan ekspor karet meliputi AS, Jepang, Tiongkok, India, Korea Selatan, Brasil, Kanada, Jerman, Belgia, Turki, dan sebagainya.

3. Kopi, teh, dan kakao

Kopi, teh dan kakao merupakan produk pertanian Indonesia yang dominan di pasar ekspor. Indonesia mengirimkan produk kopi, teh dan kakao ke beberapa negara seperti Jepang, Singapura, Malaysia, India, Mesir, Amerika Serikat, Inggris, Italia, dan negara-negara lainnya.

4. Alas kaki

Tak hanya di bidang perkebunan dan pertambangan, melainkan Indonesia juga mengekspor produk industri. Salah satu produk ekspor utama adalah alas kaki.

Produk alas kaki yang dikirim ke luar negeri antara lain sepatu olahraga, sepatu teknik, sepatu industri dan alas kaki lainnya untuk kebutuhan sehari-hari.

Alas kaki ini dijual di berbagai negara antara lain Amerika Serikat, Belgia, Tiongkok, Jerman, Jepang, Belanda, Inggris, Korea, Italia, Meksiko, dan sebagainya.

Selain produk ekspor unggulan di atas, Indonesia juga memiliki produk potensial ekspor lainnya. Terutama dari sektor kerajinan, produk kulit, rempah-rempah dan hasil pertanian yang meliputi produk makanan kemasan dan herbal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com