Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMDes Binaan PGN Ini Berhasil Cuan Rp 250 Juta Selama Pandemi

Kompas.com - 14/03/2022, 11:23 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

MAGELANG, KOMPAS.com - Ekonomi berbasis kearifan lokal dalam beberapa tahun belakangan ini muncul seiring dengan trend wisatawan yang berlibur untuk  mencari suasana desa.

Kondisi inilah yang kemudian mendorong kemunculan berbagai homestay, restoran, hingga wedding venue dengan nuansa desa dan persawahan.

Seperti halnya di kawasan wisata Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Di daerah ini ada banyak akomodasi bagi wisatawan yang menawarkan sentuhan lokal. Dijalankan oleh masyarakat setempat, homestay dan penginapan tersebut mengusung tema yang sangat lekat dengan kawasan ini: perdesaan.

Baca juga: Sempat Populer di Asia, Perajin Sarung Majalaya Diminta Perkuat Eksistensi di Era Digitalisasi

Munculnya berbagai akomodasi di kawasan ini juga sejalan dengan langkah pemerintah yang menetapkan Borobudur sebagai salah satu program destinasi super-prioritas pemerintah.

Salah satu penyedia jasa akomodasi di wilayah ini adalah Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Karangrejo Borobudur Magelang.

Menempati tanah seluas 3 hektare, Balkondes Karangrejo ini menyediakan fasilitas penginapan, pertemuan, serta rumah makan. Dan dalam waktu dekat, akan berdiri sebuah restoran yang berada di tengah persawahan.

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Desa Karangrejo, Rohadi menuturkan, fasilitas akomodasi di Balkondes Karangrejo sepenuhnya dikelola oleh masyarakat setempat.

Dengan pendampingan dari Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, Balkondes Karangrejo dikelola secara profesional dengan tidak meninggalkan sentuhan lokal.

"Saat ini ada 20 warga desa yang terlibat langsung dalam pengelolaan Balkondes Karangrejo ini, dari sebelumnya ada 12 orang," ujarnya, Sabtu (12/3/2022).

Menurut Rohadi, keberadaan Balkondes Karangrejo ini tak hanya bisa mendatangkan keuntungan bagi Balkondes itu sendiri. Lebih dari itu, masyarakat sekitar juga turut merasakan kehadiran dari BUMDes ini.

"Ada banyak produk buatan UMKM masyarakat Karangrejo yang ikut dipasarkan di Balkondes ini dan diminati oleh para wisatawan dan tamu penginapan. Mulai dari keripik, hingga gula aren," jelas Rohadi.

Keuntungan hingga Rp 250 Juta

Pandemi Covid-19 memang sangat berdampak pada kunjungan wisatawan di Indonesia. Kondisi serupa juga dialami oleh Balkondes Karangrejo. Anjloknya jumlah wisatawan pada 2021 membuat kegiatan bisnis yang dijalankan menjadi tidak maksimal.

RohadiKOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Rohadi

Selama 6 bulan, hanya sedikit wisatawan yang berkunjung ke Balkondes Karangrejo. Namun pengelola memilih tidak tinggal diam. Berbagai upaya dilakukan agar Bealkondes ini tetap bertahan.

Seiring dengan penurunan angka Covid-19, perlahan-lahan tamu kembali berdatangan. Hingga akhirnya Balkondes Karangrejo beroperasi secara penuh menjelang akhir 2021.

"Selama 2021 kemarin, keuntungan yang diperoleh mencapai Rp 250 juta, tapi untuk omzetnya saya belum terinfo. Itu pun efektif hanya 6 bulan beroperasi. Kami optimistis, tahun ini akan jauh lebih baik lagi," kata Rohadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com