Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dipadukan dengan Pomas Vegan, Ini 5 Manfaat Menjadi Vegan  

Kompas.com - 15/05/2022, 13:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mengatur pola makan merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu cara menjaga pola makan adalah dengan menerapkan gaya hidup vegan atau tidak mengonsumsi daging, ikan, produk susu, dan telur.

Melansir Kompas.com, Minggu (7/11/2021), President of World Vegan Organisation (WVO) and Vegan Society of Indonesia (VSI) Susianto Tseng megatakan, ada sekitar 700 juta orang di dunia yang merupakan seorang vegetarian dan vegan.

Ada beberapa alasan khusus mengapa banyak orang di dunia memilih menjadi vegan. Salah satunya adalah menghindari konsumsi produk hewani dan beralih menerapkan pola makan berbasis nabati.

Bagi yang belum terbiasa, menjadi vegan tentu bukan hal mudah. Namun, menjadi vegan bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima manfaat menjadi vegan untuk kesehatan.

1. Tubuh lebih sehat

Berhenti mengonsumsi daging-dagingan dan beralih hanya mengonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan saja akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Baca juga: Ternyata, Pola Makan Vegan Bantu Redakan Nyeri Migrain Kronis

Hal tersebut karena tubuh secara otomatis akan mengurangi asupan lemak dan kolesterol yang biasanya terdapat dalam daging-dagingan.

Sebagai gantinya, sayuran dan buah-buahan segar yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin akan membuat tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Kulit lebih sehat

Salah satu cara untuk menyehatkan kulit secara alami dari dalam adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Hal ini karena kandungan mineral dan antioksidan yang terdapat dalam kedua jenis makanan sehat tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga pigmen kulit.

Bahkan, menyantap sayur-sayuran yang masih segar dan mentah, misalnya lalapan, dapat menghindari zat jahat Advanced Glycation Endproducts (AGEs) yang bisa muncul ketika makanan dimasak dengan suhu tinggi.

Baca juga: Apa Perbedaan Vegetarian dan Vegan?

Menurut sebuah penelitian, zat tersebut dapat menyebabkan penuaan dini, keriput, dan bertambahnya lemak di perut.

3. Berat badan terjaga

Pola makan vegan bisa menjadi cara efektif untuk menjaga berat badan, termasuk mengurangi berat badan.

Kandungan antioksidan dan serat yang banyak ditemukan pada sayuran dan buah dapat membantu pembakaran kalori dalam tubuh sehingga berat badan dapat tetap terjaga.

Melansir Kompas.com, Senin (1/11/2022), para peneliti yang melakukan studi pada 2015 melaporkan, pola makan vegan lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada pola makan omnivora, semi-vegetarian, dan pesco-vegetarian, serta lebih baik untuk menyediakan nutrisi makro.

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan selama 5 tahun itu, seorang vegan tercatat juga mengalami kenaikan berat badan yang sangat sedikit.

Baca juga: Kenali Diet Pegan, Gabungan Diet Paleo dan Vegan: Manfaat dan Risiko

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com