Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Kompas.com, Kemenkop UKM Siapkan UMKM Sumatera Utara Go Digital

Kompas.com - 05/07/2022, 08:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

MEDAN, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Kompas.com melaksanakan workshop penulisan konten untuk membantu UMKM di Sumatera Utara go digital.

Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis KemenKop UKM RI Irwansyah Panjaitan menuturkan bahwa salah satu materi yang diperlukan oleh pelaku UMKM saat menggunakan saluran digital adalah pembuatan narasi tentang bisnis yang dijalankan.

Melalui konten tulisan yang menarik, diharapkan bisa membantu produk-produk yang dijual bisa mendapatkan perhatian dari calon konsumen.

"Berkolaborasi dengan Kompas.com, kami dari Kementerian Koperasi UKM mencoba memfasilitasi para UMKM untuk ikut dalam pelatihan menulis untuk media digital," ujarnya, Senin (4/7/2022).

Sementara itu Kepala UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Provinsi Sumatera Utara Yenni Melinda menjelaskan, saat ini di Sumatera Utara ada sekitar 460.000 UMKM.

Dengan menjadikan para pelaku usaha tersebut go digital, diharapkan bisa mengangkat UMKM di Sumatera Utara naik kelas.

"Kami menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, seperti dengan Gojek, Shopee, Lion Parcel, serta USU dari kalangan akademisi. Di samping itu kami juga menggandeng perintah pusat," ujarnya Senin (4/7/2022).

Baca juga: Pemprov Lampung Bangun UMKM Center, Bakal Diisi 60 Pelaku Usaha Terpilih

Yenni menjelaskan, sebelum para UMKM go digital, pihaknya menggelar berbagai workshop dan edukasi ke para pelaku usaha. Tujuannya agar para pelaku usaha tersebut benar-benar siap untuk memanfaatkan berbagai saluran digital.

Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara, Suherman mengatakan, pihaknya selalu mendukung UMKM go digital belalui kerja sama dengan berbagai pihak.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Kemenkop UKM dan Kompas.com atas workshop penulisan yang dilaksanakan hari ini," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com