Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis, Tertarik Coba?

Kompas.com - 02/08/2022, 20:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang pasti punya hobi yang biasa dilakukan secara rutin atau jarang. Melakukan hobi tentunya bisa menyegarkan pikiran dan menyenangkan perasaan.

Nah, bagaimana jika hobi bisa menghasilkan uang? Tentunya akan sangat menggiurkan untuk dicoba. 

Hobi yang menghasilkan uang akan bisa mengurangi pengeluaran. Pasalnya, hobi tentu perlu modal untuk dijalaninya.

Saat hobi dijadikan ide untuk menghasilkan uang tentu ada yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah pilihlah hobi yang benar-benar disukai.

Cobalah kenali hobi yang paling kamu sukai dan bisa membuat dirimu senang. Berikut sejumlah hobi yang bisa dijadikan ide bisnis seperti dirangkum dari cermati.com.

1. Hobi Masak

Hobi yang paling umum bisa menghasilkan uang adalah hobi masak. Kamu bisa menjual hasil masakanmu ke orang-orang lain.

Kamu bisa membukan usaha warung makan, kafe, maupun restoran. Selain itu, kamu juga bisa membuat pelatihan-pelatihan memasak dan juga konten-konten memasak untuk diunggah ke media sosial.

Konten-konten yang di media sosial seperti Youtube sudah bukan rahasia bisa menghasilkan uang. Selain itu, kamu juga bisa menerima endors dari peralatan masak dan juga bahan-bahan makanan untuk dimasak.

2. Hobi Fotografi

Hobi selanjutnya yang bisa dicoba adalah hobi fotografi. Saat ini kebutuhan foto relatif terus meningkat.

Ada banyak kegiatan yang membutuhkan jasa fotografer. Para klien butuh foto-foto untuk kebutuhan korporasi atau kebutuhan pribadi.

Beberapa kegiatan yang butuh jasa fotografer seperti pernikahan, event musik, acara perusahaan, arisan, dan lainnya. Memanfaatkan keahlian fotografi untuk menghasilkan uang adalah sesuatu yang mengasyikkan.

3. Hobi Menggambar

Menggambar adalah salah satu kegiatan yang bisa membuat rileks dan menghibur. Buat kamu yang hobi menggambar, kegiatan ini bisa dijadikan ide bisnis.

Bisnis dari hobi menggambar cukup menjanjikan. Pasalnya, tak semua orang bisa menggambar.

Klien-klien biasanya butuh orang-orrang yang bisa menggambar ilustrasi, pemandangan, sketsa, dan lainnya. Nah, selain mendapatkan uang dari hobi menggambaar, kamu sekaligus mengasah kemampuan menjadi lebih baik.

4. Olahraga Ekstrem

Salah satu aktivitas wisata yang banyak digeluti orang saat ini adalah olahraga ekstrem seperti mendaki gunung, panjat tebing, arung jeram, dan lainnya.

Orang yang senang menguji adrenalin meelakukan olahraga ekstrem untuk melepaskan stres dan melepaskan perasaan tertekan.

Buat kamu yang yang hobi olahraga ekstrem, ada peluang untuk menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Kamu bisa menjadi instruktur atau pemandu olahraga ekstrem atau fasilitator outbound.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com