Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulihkan UMKM Tenun NTT, Bank Indonesia Gelar Exotic Tenun Fest

Kompas.com - 13/08/2022, 07:00 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 

KUPANG, KOMPAS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pemerintah daerah setempat, dan mitra strategis terkait menggelar Exotic Tenun Fest.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, mengatakan, tujuan digelar kegiatan ini yakni untuk mengakselerasi pemulihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tenun NTT.

Nyoman menjelaskan, tenun NTT merupakan salah kekayaan intangible warisan budaya asli Indonesia, yang memiliki nilai sejarah seni dan budaya yang sangat tinggi.

"Namun, potensi ekonomi tenun NTT belum sepenuhnya optimal di tengah terjadinya scarring effect, akibat dampak pasca pandemi Covid-19," kata Nyoman dalam sambutannya saat pembukaan Exotic Tenun Fest, Jumat (12/8/2022).

Nyoman mengatakan, pemulihan UMKM terus berlanjut di tengah membaiknya daya beli masyarakat dan meningkatnya kunjungan masyarakat.

Menurut Nyoman, kegiatan ini sangat penting untuk digelar.

Selain itu lanjut Nyoman, tujuan lainnya yakni mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia, dalam rangka meningkatkan kecintaan dan penggunaan produk UMKM dalam negeri.

Kemudian, meningkatkan kesadaran masyarakat umum terhadap keindahan tenunan NTT dengan seluruh keragaman motif, jenis dan makna yang tersirat di dalamnya.

Kegiatan ini juga kata Nyoman, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi dan program survival UMKM, melalui digitalisasi promosi dan transaksi, business matching produk lokal NTT, dan komoditas ekspor.

"Tentu juga, kegiatan Exotic Tenun Fest, bertujuan untuk meningkatkan target penjualan UMKM dalam rangka mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dan Provinsi NTT," imbuh Nyoman.

Nyoman menjelaskan, kegiatan ini mulai digelar sejak tahun 2021 lalu.

Saat itu, capaiannya mencapai Rp 1,4 miliar, yang mencakup transaksi penjualan secara online dan offline, serta komitmen business matching pembiayaan UMKM.

Untuk Exotic Tenun Fest.tahun 2022 ini, ada beragam peningkatan, antara lain perluasan fokus produk yang semula hanya tenun, kini ada juga kuliner dan kopi.

Pada kegiatan kali ini akan dilaksanakan business matching antara offtaker, eksportir dan lembaga pembiayaan sebagai wujud komitmen dan sinergi dalam pengembangan UMKM.

Nyoman menyebut, Exotic Tenun Fest termasuk dalam strategic flagship event Bank Indonesia, dengan fokus pada perluasan identitas tenun NTT kepada masyarakat luas, tidak hanya di tingkat nasional tapi juga hingga internasional.

Tahun ini, Exotic Tenun Fest melibatkan 62 UMKM di NTT. Ada total 930 produk seperti kain tenun maupun produk turunannya seperti kuliner dan kopi, yang telah melalui proses kurasi.

"Kami berharap, pada tahun ini dengan aktivitas masyarakat yang terus membaik dan kondisi perekonomian yang berangsur pulih, dapat meningkatkan omzet penjualan UMKM," ujar Nyoman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com