Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bisa Capai Jutaan Rupiah, Ini Tips Budidayakan Tanaman Aglonema

Kompas.com - 16/08/2022, 09:19 WIB
Imron Hakiki,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Kebun 123 yang berada di Desa Kemulan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur adalah salah satu destinasi wisata berbasis tanaman hias.

Terdapat ratusan jenis koleksi tanaman hias yang ada di sana, di antaranya Kaktus, Anggrek, Monstera, Aglonema, dan Keladi.

"Harganya pun bervariasi. Mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 15 juta pun ada," ungkap pemilik Kebun 123, Rohmatul Jannah saat ditemui, Senin (8/8/2022) lalu.

Baca juga: Pelaku Usaha UMKM Ingin Daftarkan HAKI? Ini Biayanya

Jenis-jenis tanaman hias itu didapatkan oleh pemilik Kebun 123, Ahmad Sukarianto dan istrinya, Rohmatul Jannah dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan juga dari mancanegara.

Rohmatul Jannah membagikan tips cara membudidayakan dan merawat salah satu tanaman hias yang menjadi koleksinya, yakni Aglonema.

Nama Aglaonema yang juga disebut Sri Rejeki, adalah jenis tanaman hias yang habitat aslinya berada di kawasan hutan tropis. Aglonema mempunyai beberapa 30 spesies.

"Beberapa spesies tanaman Aglonema, di antaranya Big Papa, Green Papuma, Lady Valentine,Twingkle, Three Color, Golden Sweet, dan Red Sumatera," bebernya.

Meski harganya cukup menggiurkan dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, cara merawat dan membudidayakan Aglaonema cukup mudah, dan caranya hampir sama untuk semua spesies.

"Kalau di tempat kami harganya bervariasi, mulai dari Rp 20 ribu hingga 5 juta per batang. Tergantung spesies dan usia tanamannya," jelas Jannah.

Baca juga: 500 Ton Gula Semut asal Gorontalo Diekspor ke Qatar

Berikut beberapa cara membudiyakan dan merawat Aglaonema atau Sri Rejeki menurut Rohmatul Jannah:

1. Tanam di dalam pot dengan media tanam sekam bakar dan sekam mentah sesuai sesuai kebutuhan dengan takaran masing-masing 50 persen. Dengan media tanam sekam, maka pertumbuhan akar akan lebih cepat.

2. Jangan sering disiriam. Penyiraman dilakukan setidaknya 2 kali dalam satu pekan.

3. Letakkan tanaman Aglaonema di tempat teduh. Sebab mes tanaman Aglaonema butuh sinar matahari. Tapi tidak boleh terkena matahari secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com