Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Proses yang Bakal Bantu Bisnis Anda Capai Kesukesan

Kompas.com - 10/09/2022, 11:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Meraih kesuksesan tentu menjadi impian para pebisnis, terutama Anda yang masih menjadi pebisnis pemula. Pada dasarnya masing-masing pebisnis akan memiiki cara tersendiri untuk mencapai target kesuksesan di dalam bisnis yang mereka jalankan.

Namun, melakukan proses yang tepat merupakan salah satu langkah yang tak bisa Anda abaikan di dalam bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Proses bisnis merupakan rangkaian aktifitas yang sudah terstruktur, di mana aktifitas ini mencakup tujuan produksi untuk mendapatkan hasil tertentu dari bisnis itu sendiri.

Di dalam prakteknya, proses bisnis ini akan dilakukan dengan berulang dan telah dirancang dengan sedemikian rupa, sehingga dapat diperbaiki dan dioptimalkan untuk mencapai efisiensi serta produktifitas yang lebih baik lagi.

Berikut ini adalah delapan proses bisnis yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan aktifitas operasional bisnis Anda, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Administration

Proses ini merupakan serangkaian aktifitas bisnis yang dilakukan dalam beberapa tahap, mulai dari perencanaan, pengendalian, hingga pengorganisasian berbagai pekerjaan perkantoran serta pergerakan para pekerja yang menjalankan aktifitas bisnis itu sendiri, sehingga berbagai tujuan yang telah ditargetkan dalam bisnis bisa dicapai dengan baik.

Administrasi ini juga akan mencakup aktifitas bisnis terkait dengan proses masuknya para staf baru di dalam perusahaan. Hal ini umumnya dilakukan dalam banyak hal, termasuk pendataan dan juga pengurusan ID card dan hal lainnya yang berkaitan rekrutmen tersebut.

2. Manufacturing

Proses ini merupakan aktifitas bisnis yang dilakukan untuk mengubah bahan bahan baku yang mentah menjadi produk jadi yang memiliki nilai jual.

Praktiknya, kebanyakan manufaktur ini merupakan proses mengubah bahan baku menjadi produk jadi dalam jumlah yang besar sekaligus, di mana produk ini kelak akan dijual kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan yang juga besar.

3. Operations

Proses bisnis yang satu ini merupakan tahap di mana konsumen mengajukan pesanan produk hingga pesanan tersebut diselesaikan.

Operasi akan mencakup semua hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan pesanan dari konsumen, proses memenuhi pesanan tersebut serta menagih pembayaran dari konsumen tersebut atas pesanan yang sudah dilakukan.

4. Procurement

Procurement atau pengadaan merupakan proses bisnis yang berkaitan dengan seluruh tahap pembelian hingga pembayaran, di mana hal ini mencakup berbagai langkah yang dibutuhkan demi mengamankan serta menjamin ketersediaan bahan baku dan yang lainnya.

Proses bisnis ini pada umumnya mencakup banyak tahap sekaligus, antara lain: purchasing, invoicing reconciliation, receiving, dan juga accounts payable.

5. Sales and Operations Planning

Ini merupakan proses bisnis yang dilakukan untuk mengkoordinasikan aktiiftas pemasaran, di mana hal ini dijalankan dengan membuat Sales and Operations Planning (SOP) yang tepat terlebih dahulu.

SOP ini pada umumnya dirancang dengan tujuan untuk menjaga agar permintaan tetap berjalan seimbang dengan jumlah produksi bisnis itu sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com