Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPEI Dampingi UMKM Naik Kelas lewat "Business Matching" dan Pelatihan

Kompas.com - 11/11/2022, 13:05 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) / Indonesia Eximbank memberikan pelatihan dan pendampingan melalui business matching, market place global dan pameran kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berorientasi ekspor.

Direktur Eksektif LPEI Riyani Tirtoso menuturkan, kegiatan ini bertujuan agar para pelaku UMKM berorientasi ekspor mampu bertransformasi ke metode pemasaran digital sehingga dapat membuka akses pasar.

"Sejak program ini diadakan di tahun 2015 terlihat begitu tinggi antusias pelaku UMKM untuk mengikuti pelatihan kami agar bisa naik kelas,” ujar Riyani Tirtoso dalam keterangan resmi, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Kisah Euis Rohaini, Kembalikan Kejayaan Batik Maos Cilacap

Program yang dijalankan LPEI ini selaras dengan tema besar G-20 yang saat ini sedang berlangsung yaitu “Recover Together, Recover Stronger” yang mengajak seluruh warga dunia untuk bekerja sama memulihkan bumi dari pandemi serta membangun dunia secara berkelanjutan.

Selain mengedepankan digitilisasi, LPEI juga mendukung aspek kesetaraan gender, peran perempuan sebagai penopang ekonomi kerakyatan yang menjadi salah satu tolok ukur dalam faktor Sustainable Development Goals (SDG).

Mitra binaan yang melakukan showcasing produk di booth perhelatan G20 sangat mendukung peran perempuan pada proses produksinya, antara lain Humbang Kriya yang mempekerjakan 60 persen perajinnya perempuan.

Lainnya adalah Area yang mempekerjakan 80 persen penjahitnya adalah perempuan, CV Bali Ayu yang bergerak di bidang produk kecantikan dan Tenun & Songket Lintau Pamasihan asal dari Sumatera Barat juga mempekerjakan 100 persen perempuan/pengrajin perempuan.

Baca juga: 45 Ton Tepung Mocaf asal Banjarnegara Diekspor ke Turki

 

“Perhelatan (G20) ini memberikan dampak positif bagi Indonesia dan khususnya bagi para pelaku UMKM Indonesia. Mengikuti pameran dengan skala internasional, memberikan wawasan baru bagaimana pelaku UMKM harus memiliki ciri khas, keunikan dari produknya selain menjaga kualitas produk. Kami bangga karena salah satu mitra binaan kami, Maharani Craft yang produknya berupa perhiasan dan kerajinan terpilih menjadi salah satu souvenir G20 untuk para delegasi,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com