Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Diluncurkan, Smesco-Skyeats Siapkan Teknologi Retort untuk UMKM Kuliner

Kompas.com - 23/03/2023, 15:23 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSmesco Indonesia bersama dengan Skyeats telah meresmikan Smesco-Skyeats sebagai dapur bersama berteknologi retort pada Selasa (21/3/2023), di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta.

Direktur Utama Smesco, Leonard Theosabrata, mengatakan bahwa hadirnya fasilitas dapur bersama ini sebagai bentuk dorongan bagi pelaku UMKM kuliner agar lebih maju.

“Mencoba meciptakan suatu ekosistem yang luar biasa untuk kemajuan UMKM dan F&B sendiri adalah the biggest component dari UMKM yang ada di Indonesia, jadi pastinya sudah tentu kita haru sterus mendukung sektor (F&B) ini,” ujar Leo dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Smesco Sediakan Fasilitas Pengawetan Makanan Berteknologi Retort untuk UMKM

Teknologi retort sendiri merupakan proses sterilisasi makanan yang memiliki kelebihan, yakni produk makanan yang diproses dapat disimpan pada suhu ruang hingga selama 12 bulan tanpa bahan pengawet.

Leo menambahkan, Smesco-Skyeats juga sudah bersertifikasi BPOM sehingga pelaku UMKM tidak perlu khawatir.

Selain itu, para pelaku UMKM ini juga akan dibantu dalam product testing dan sertifikasi halal.

Senada dengan Leo, CEO Skyeats, Inike Rahmawati, menjelaskan bahwa adanya dapur bersama ini menjadi sarana yang dapat digunakan UMKM untuk berkembang lebih jauh lagi.

Baca juga: Mengenal Digital Marketing, Strategi Pemasaran Kekinian bagi UMKM

“Selama ini kita mungkin punya produk enak, tetapi jangkauannya pendek, seperti misalnya nasi bakar yang ketahanan produknya pendek. Nah kalau dengan retort kita bisa memperpanjang usia produk sampai dengan 1 tahun dan kita bisa mengirimnya ke mana saja (termasuk go international),” jelasnya.

Di samping menyediakan fasilitas teknologi retort, Smesco-Skyeats juga menawarkan bantuan berupa tempat produksi dan supplier bahan baku bagi pelaku UMKM, sehingga proses produksi dapat berjalan secara lebih efisien dalam satu waktu dan satu tempat sekaligus.

Untuk pelaku UMKM yang tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut dapat langsung menghubungi dengan mengirimkan email ke hello@skyeats.id

Baca juga: 3 Langkah Penting Tingkatkan Daya Saing UMKM Kuliner

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com