Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Hidayat Wiji Merintis Bisnis Miniatur dari Koran Bekas Bermodal Rp 600 Ribu

Kompas.com - 26/05/2023, 14:50 WIB
Rheina Arfiana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejak tahun 2018-an, Hidayat Wiji Saputra (27) menekuni bisnis miniatur dari koran bekas dengan nama Mikon Craft.

Namun saat itu, bisnis tersebut berupa pekerjaan sampingan, karena ia masih bekerja di salah satu perusahaan industri di bagian pengiriman.

Hidayat mengungkap, alasannya memulai bisnis miniatur dari koran bekas, karena dulu ia bekerja sistem kontrak yang tidak memiliki pekerjaan umum, kemudian dalam suatu kesempatan, ia melihat saudaranya berlangganan koran.

“Dari situ iseng membuat kerajinan. Zaman dulu waktu masih sekolah SD kan sering ada kerajinan, saya juga sambil melihat-lihat di YouTube dan saya kembangkan lagi hasil karya dari korannya. Jadi, enggak bikin asal-asalan,” kata Hidayat ketika dihubungi oleh Kompas.com, Kamis (25/5/2023).

Baca juga: Kisah Sukses Zahlan Berbisnis Kerajinan dari Pelepah Pisang, Awalnya Hanya Supplier

“Nah saya membuat satu dan mencoba posting, alhamdulillah ada tetangga dan teman lama tertarik. Dari situ saya kepikiran, lumayan juga hasil dari koran yang tidak terpakai diolah lagi dan bisa menghasilkan uang,” lanjutnya.

Hal itu membuat Hidayat lebih bersemangat dan semakin giat membuat karya-karya yang lebih menarik.

Kemudian, ia mulai mempromosikannya melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. Selain itu juga mencoba ikut pelatihan di grup-grup khusus pengrajin, supaya bisa lebih berkembang.

Seiring berjalannya waktu, bisnis miniatur yang bermerek Mikon Craft menghasilkan bermacam-macam produk seperti kapal tanker, kapal one piece, sepeda motor, becak, pesawat terbang sampai patung.

Produk miniatur merek Mikon Craft dok.pemilik Mikon Craft Produk miniatur merek Mikon Craft

Hidayat dibantu oleh keluarga dalam proses produksi, yang mana biasanya menghabiskan waktu 2 hari sampai 4 hari, tergantung dari produk apa yang dipesan pelanggan.

Ketika ditanya modal, Hidayat mengaku mengeluarkan sekitar Rp 600.000 dari tabungannya untuk membeli alat-alat dan bahan seperti cat, gunting, cutter, dan koran.

“Untuk pendapatan tidak menentu, sempat mendapatkan Rp 4 juta, belum bersih. Sekarang rata-rata Rp 1,5 jt untuk bersihnya selama satu bulan,” jelas Hidayat.

Baca juga: Catat! Pameran Mebel dan Kerajinan Digelar di ICE BSD 14-17 September

Ia mengatakan, bisnis miniatur bisa bertahan karena memiliki kelompok, yang mana kelompok tersebut sudah memiliki pelanggan masing-masing.

"Terkadang kelompok tersebut saling melempar orderan, jika tidak sanggup membuatnya," ujarnya.

Desain menarik denfan detail dan kualitas yang rapi diakui Hidayat merupakan kelebihan yang fimiliki produk Mikon Craft dibanding dengan produk lain yang sejenis.

"Tak hanya itu, warna produk sebagian dari cat dan warna koran motifnya seperti batik. Selain itu, bisa membuat produk sesuai keinginan pelanggan," papar Hidayat.

Target pasar produk Mikon Craft adalah semua kalangan. Sementara, untuk pengiriman sudah ke berbagai kota seperti Surabaya, Jakarta, Medan, Malang, bahkan hingga ke Malaysia dan Singapura.

Hidayat berharap, ke depannya dapat memiliki tim khusus untuk membantunya di bagian pemasaran dan menggaet pelanggan, yang sebelumnya ia lakukan sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com