Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Meningkatkan Brand Awareness di Media Sosial

Kompas.com - 06/06/2023, 15:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Bulkly

KOMPAS.com – Penggunaan media sosial yang ramai di hampir seluruh usia penduduk Indonesia menjadikan platform yang satu ini memiliki potensi bagi para pelaku bisnis, termasuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), untuk meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness yang dimiliki.

Melansir Data Indonesia, laporan We Are Social menunjukkan bahwa jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia ada sebanyak 167 juta orang pada Janurai 2023. Jumlah ini setara dengan 60,4% dari populasi yang ada.

Dengan adanya data tersebut, kamu dapat mulai menentukan strategi untuk memanfaatkan penggunaan media sosial secara maksimal, untuk membangun kesadaran merek sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Berikut ini 5 tips dalam meningkatkan kesadaran merek melalui media sosial, yang dapat kamu terapkan dalam akun bisnis media sosial milikmu.

Baca juga: 5 Manfaat Pemasaran di Media Sosial, Salah Satunya Publikasi Gratis

1. Konsisten merupakan kunci!

Dengan mengunggah konten secara teratur dan konsisten akan membantu akunmu lebih terhubung dengan audiens.

Melalui hubungan ini, kamu dapat membangun kepercayaan dan loyalitas, sehingga mereka dapat memiliki kesadaran merek yang tinggi.

Unggah konten yang menarik tetapi tetap relevan dengan bisnis yang kamu jalankan. Selain menarik, informatif, dan bermanfaat bagi audiens, kamu juga perlu memerhatikan bahwa konten yang diunggah merupakan konten interaktif, sehingga mendorong audiens untuk ikut terlibat di dalam unggahan tersebut.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Strategi Pemasaran di Media Sosial

2. Gunakan strategi call to action

Strategi ini menjadi salah satu strategi yang banyak digunakan dalam pemasaran untuk mengajak audiens melakukan sesuatu yang diminta, melalui sebuah konten yang telah diunggah.

Beberapa ajakan tersebut antara lain, “Klik link di bio untuk melakukan pemesanan ya!”, “Follow untuk tahu informasi-informasi produk lainnya”, “Jangan lupa komen dan share ke teman kamu...”

Dengan keterlibatan audiens yang lebih tinggi, maka akan memungkinkan tingkat kesadaran merekmu di media sosial juga meningkat.

Baca juga: Simak 9 Tips Membuat Konten Media Sosial untuk Berbisnis

3. Tonjolkan ciri khas

Tunjukkan sesuatu yang menjadi identitas atau ciri khas dari merek milikmu. Hal ini dapat sesederhana penggunaan logo, font, atau color palette yang amat sangat menggambarkan merekmu.

Dengan konsistensi terhadap penggunaan tersebut, akan mendorong tingkat kesadaran merek yang dimiliki audiens.

Mereka akan lebih mudah mengingat dan menyadari bahwa konten yang diunggah adalah milik merekmu.

4. Berikan freebies

Semua orang pasti menyukai barang gratis, baik itu yang kecil maupun besar sekaligus. Strategi ini juga dapat kamu terapkan untuk bisnismu.

Misalnya, kamu mengunggah konten yang menginformasikan bahwa pembeli akan mendapatkan freebies khusus yang akan didapatkan jika melakukan pembelian produk tertentu atau minimum pembelanjaan tertentu.

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan yang Sering Tak Disadari dalam Social Media Marketing

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Bulkly
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com