Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikan Pelatihan Konversi Motor Listrik, KemenKopUKM Akan Gandeng Elder Garage

Kompas.com - 06/06/2023, 19:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mendukung bengkel konversi motor listrik, Elders Garage untuk membawa konversi motor listrik karya anak bangsa ke negara-negara Eropa.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM), Teten Masduki menyambut baik rencana tersebut dengan menandatangani Scooter edisi khusus yang menjadi bentuk simbolis karya lokal yang akan masuk ke pasar mancanegara melalui Vespa World Day 2023.

Teten mengatakan saat ini Indonesia dapat mengambil bagian dalam supply chain kendaraan listrik. Menurut Teten, pelaku UMKM dalam hal ini bengkel dapat mengambil peran penting.

"Pemerintah memberikan subsidi Rp7 juta per motor berumur 10 tahun yang mau konversi ke listrik. Ini menjadi kesempatan bagi bengkel-bengkel UMKM konversi untuk ikut ambil bagian. Elders Garage sudah siap mendampingi bengkel tersebut," kata Teten dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Pemerintah Libatkan Pelaku UKM dalam Konversi Motor Listrik

Lebih lanjut, Teten bercerita pihaknya juga telah diminta oleh Kementerian ESDM untuk menyiapkan bengkel konversi motor listrik.

Teten menekankan, pemerintah harus menyasar bahan baku konversi yang disiapkan oleh bengkel UMKM dalam mengonversi kendaraan konvesional menjadi kendaraan listrik.

"Jadi harus disasar oleh pemerintah justru kit konversinya, karena kita bisa menjadi bagian dari produsen baterai motor atau mobil listrik. Pemerintah membuat regulasinya, pelakunya adalah sektor swasta termasuk di dalamnya bengkel," ujar Teten.

Motor vespa yang sudah dikonversi oleh bengkel Elder Garage jadi motor listrik.Dok. KemenKopUKM Motor vespa yang sudah dikonversi oleh bengkel Elder Garage jadi motor listrik.

Dikarenakan kerja sama ini merupakan proyek berkelanjutan, kerja sama KemenKopUKM dan Elders Garage untuk menyiapkan bengkel konversi akan dilakukan dengan pelatihan dan penambahan peralatan bengkel.

"Ini peluang bisnis, nanti akan kita gandeng Elders Garage untuk pelatihan termasuk meng-upgrade bengkel konvensional agar mereka bisa menikmati program pemerintah yang cukup besar untuk menggeser motor konvensional," tutur Teten.

Baca juga: Mengenal Jago Coffee, Kopi Starling Pakai Sepeda Listrik dan Bebas Ongkir

Di tempat yang sama, Chief Executive Officer (CEO) Elders Garage, Heret Frasthio menyatakan siap untuk memberikan pelatihan konversi motor listrik. Heret mengatakan, proses konversi tak membutuhkan waktu lama dan juga hanya memerlukan peralatan yang sederhana.

"Proses konversi vespa manual ke elektrik hanya butuh waktu 3 jam. Kami juga sudah membuka online workshop untuk ini. Peralatan juga enggak complicated sih dan skala bengkel kami saja hanya 6X7 meter atau 3X4 meter juga sudah bisa," ucap Heret.

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mendukung bengkel konversi motor listrik, Elders Garage untuk membawa konversi motor listrik karya anak bangsa ke negara-negara Eropa. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM), Teten Masduki menyambut baik rencana tersebut dengan menandatangani Scooter edisi khusus yang menjadi bentuk simbolis karya lokal yang akan masuk ke pasar mancanegara melalui Vespa World Day 2023.Dok. KemenKopUKM Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mendukung bengkel konversi motor listrik, Elders Garage untuk membawa konversi motor listrik karya anak bangsa ke negara-negara Eropa. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM), Teten Masduki menyambut baik rencana tersebut dengan menandatangani Scooter edisi khusus yang menjadi bentuk simbolis karya lokal yang akan masuk ke pasar mancanegara melalui Vespa World Day 2023.

Heret juga bercerita bahwa kerja sama antara Elders Garage dengan KemenKopUKM sudah berlangsung lama. Bahkan, Elders Garage juga memiliki bengkel yang berada di Smesco Indonesia.

Baca juga: Mau Buka Usaha Bengkel Motor? Simak Tips dari Pemilik Bengkel Ini

Pada kesempatan ini, Heret juga menyatakan bahwa pihaknya siap untuk memasuki Pasar Eropa. Dalam hal ini, pihaknya sudah melakukan perjanjian kerja sama dengan Swiss untuk memasok peralatan konversi motor listrik.

“Kami meminta restu KemenKopUKM bahwa kami siap masuk Pasar Eropa. Kami sudah tanda tangan kontrak dengan Swiss. Mudah-mudahan ada 240 kits yang akan kita kirim ke Eropa. Saat ini kami tengah mempersiapkan dokumen pendukung dan hal ini akan dilaunching di Vespa World Day 2023 di Kota Interlaken, Swiss pada 15-18 Juni 2023,” kata Heret.

"Saya melihat beberapa kementerian punya hubungan kerja sama yang baik dengan Swiss dan pajak masuk juga 0 persen. Saya melihat ada kesempatan ini dan Swiss kan ada di tengah Eropa, jadi mudah kirim ke Jerman dan Italia," kata Heret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com