Ini Tipe Orang yang Kurang Cocok Berbisnis, Apakah Kamu Termasuk?

Kompas.com - 18/03/2022, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang pada dasarnya memiliki bakat berwirausaha atau menjadi pengusaha. Tetapi, bakat saja tidak cukup. Dibutuhkan latihan dan pengalaman agar dapat menjadi pengusaha bermental baja dan tangguh.

Pengusaha yang sukses adalah mereka yang memiliki sifat dan karakteristik yang mendukung keterampilan atau keahliannya. Seperti visioner, tidak mudah putus asa, percaya diri, kreativitas, dan lainnya.

Tetapi ada orang-orang yang kurang cocok berbisnis. Jika tetap nekat bisnis atau usaha, kemungkinan besar akan gagal. Ini tipe-tipe orang yang dimaksud, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Suka membuat keputusan mendadak

Bagi yang suka membuat keputusan mendadak, kamu bukan tipe orang yang cocok terjun ke dunia bisnis. Kalau tetap bersikeras, sama saja dengan menjatuhkan diri ke jurang.

Bisnismu bakal susah berhasil karena dalam mengambil keputusan harus berdasarkan berbagai pertimbangan yang matang. Perlu dipikirkan sebab, akibat, keuntungan, dan segala risiko yang muncul dari setiap aktivitas yang berhubungan dengan bisnis.

2. Ragu terhadap kemampuan diri sendiri

Memang, kamu bukan seorang peramal hebat yang dapat memprediksi kelangsungan bisnis. Tapi setidaknya kamu memiliki bekal cukup yang ada kaitannya dengan bisnis untuk memudahkan pengambilan keputusan.

Penting juga untuk menghindari keraguan dalam hal apapun, baik itu kemampuan diri termasuk saat mengambil keputusan. Kamu ragu apakah bisa menjalankan bisnis tersebut, atau ragu bisa membuat produk yang disukai konsumen.

Keraguan tidak akan mendatangkan hasil maksimal, tapi justru mendatangkan malapetaka yang membuat aktivitas bisnis menjadi terhambat. Di mana bisnis kompetitor sudah dua langkah di depan, sementara bisnismu masih stagnan alias jalan di tempat.

Jadi, buang jauh-jauh keraguan, mantapkan langkah dan percaya diri dalam dunia berbisnis.

3. Takut gagal

Salah satu tipe orang yang tidak akan bisa sukses sampai kapanpun dalam bisnis adalah orang yang takut gagal. Kamu bukan tipe orang yang berani mengambil risiko. Sukanya bermain aman, sedangkan bisnis penuh dengan risiko.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.