FIF Group Salurkan Dana Bergulir ke 550 UMKM Binaan

Kompas.com - 25/05/2022, 08:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Federal International Finance, salah satu anak usaha PT Astra International Tbk menyalurkan dana bergulir kepada 550 UMKM.

Program ini ditandai Kick Off yang dirangkai bersamaan dengan webinar bertajuk “UMKM Melek Digital Menuju Masa Endemi” pada Selasa, 24 Mei 2022.

Chief Executive Officer FIFGROUP, Margono Tanuwijaya menuturkan, program dana bergulir untuk UMKM ini sejalan dengan Astra Triple-P Roadmap Strategy yang berfokus pada kegiatan yang membawa dampak nyata di masyarakat.

Baca juga: Miske Tinggalkan Bisnis Sepatu dan Sukses Berbisnis Rendang

"Hal ini untuk mendukung Environment, Social, and Governance (ESG) dengan mendorong penerapan program keberlanjutan Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (24/5/2022).

Pada program ini, FIFGROUP berkolaborasi dengan ESR Astra, serta yayasan di bawah Astra : Yayasan Dharma Bakti Astra, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, dan Yayasan Astra Honda Motor, serta Yayasan Amaliah Astra.

Tak hanya memberikan pinjaman bergulir, program ini juga melakukan monitoring keuangan setiap UMKM. Harapannya, bisa mendorong UMKM naik kelas.

ESR Division Head Astra, Diah Suran Febrianti menjelaskan, program yang dijalankan ini merupakan implementasi program Sustainability Astra yang diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Lebih dari 15.000 UMKM binaan Grup Astra dan 2,5 juta masyarakat sudah merasakan dampak dari setiap program Astra dan menjadi bukti nyata kontribusi Astra bagi Indonesia,” kata Diah.

Baca juga: Jurus Bisnis UMKM Tahan Banting dan Awet Sepanjang Masa

Bantuan Tanpa Bunga

Pada program ini, FIFGROUP menyalurkan bantuan modal yang berasal dari Dana Sosial Syariah. Bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa bunga yang diharapkan dapat meringankan beban serta membantu memajukan UMKM dengan baik.

Pada tahun 2022 ini, sekitar Rp 1,9 miliar dana sosial Syariah FIFGROUP disalurkan kepada lebih 550 UMKM pada program ini.

Total sejak 2016 sampai dengan 2021, UMKM yang menerima bantuan adalah sebanyak 803 UMKM dengan total dana yang digulirkan lebih dari Rp 2,31 miliar.

Di tahun 2022, target FIFGROUP adalah 550 UMKM dengan total dana bantuan sebesar Rp 1,9 miliar, sehingga total penerima bantuan dana bergulir sebanyak 1.353 UMKM dengan nominal bantuan sebesar Rp 4,2 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.