Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Sukses Bisnis Wisata Open Trip agar Banyak Pelanggan

Kompas.com - 04/06/2022, 10:01 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu pasti pernah ikut wisata open trip, kegiatan perjalanan wisata yang diadakan pihak penyelenggara dengan peserta terbuka dari berbagai kalangan.

Saat ini, banyak penyelenggara open trip adalah mahasiswa. Mereka membuka paket wisata ke daerah yang sudah mereka kenali, seperti Gunung Bromo, Gunung Semeru, Pengalengan-Kebun Stroberi-Kawah Putih di Bandung, jelajah tiga pulau di Kepulauan Seribu, dan destinasi lain.

Selain menghasilkan uang, bisnis open trip sekaligus menyalurkan hobi travelling kamu. Peluang dan potensinya sangat bagus, apalagi pasca pandemi Covid-19, banyak orang kangen jalan-jalan dan plesiran.

Paket wisata open trip memang menjadi pilihan liburan hemat. Biasanya wisata open trip menawarkan harga yang lebih murah dibanding layanan tour dan travel dari biro wisata yang sudah cukup populer karena sistem sharing.

Untuk kamu yang memiliki jiwa travelling tinggi dan tertarik merintis bisnis open trip, ini langkah suksesnya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tetapkan tempat wisata yang menjadi target

Dalam memulai bisnis open trip, kamu yang akan menjadi pemandu wisata. Jadi, harus tahu dan paham berbagai tempat wisata. Sebetulnya, tidak harus tahu semua tempat wisata di Indonesia misalnya.

Sebagai pemula, kamu dapat memetakan potensi wisata yang terletak di sekitar kota tempat tinggalmu. Pastinya, tempat wisata itu yang sudah kamu kenali dengan sangat baik.

Misal, kamu tinggal di Malang atau Surabaya. Kamu dapat membuka open trip wisata alam, seperti ke Gunung Semeru, Gunung Bromo, Kawah Ijen, Air Terjun Madakaripura, Taman Nasional Baluran, dan masih banyak lainnya.

Usahakan jarak antara tempat wisata tidak lebih dari 200 km. Kenapa? Karena ini sangat berpengaruh dengan biaya dan paket yang akan kamu buat nantinya.

2. Mengetahui detail informasi tentang tempat wisata

Selain itu, kamu juga harus mempunyai database dari setiap tempat wisata tersebut, data yang menyangkut contact person dari pengelola tempat wisata, harga tiket, surat menyurat atau aturan administrasi di tempat wisata, dan biaya yang mungkin dikeluarkan dalam sebuah perjalanan wisata.

3. Buat paket wisata menarik

Langkah selanjutnya, buat paket wisata menarik dengan harga yang kompetitif. Paket tersebut bisa berupa jumlah hari. Semakin lama harinya, semakin murah harganya.

Paket juga bisa berupa beberapa tujuan yang diambil sekaligus akan mendapat potongan harga. Bisa juga jumlah pemesanan untuk beberapa orang akan mendapatkan harga lebih murah.

Misal, paket open trip one day jelajah tiga pulau di Kepulauan Seribu, yakni Pulau Cipir, Pulau Onrust, dan Pulau Kelor dalam satu hari. Harganya Rp 85.000 per orang tanpa makan siang. Jika dengan makan, harganya Rp 100 ribu per orang.

Untuk grup, tersedia pilihan harga. Tentunya lebih murah dibanding per orang. Misal untuk 10 orang dikenakan Rp 500 ribu per pax. Untuk 14-16 orang, harganya Rp 400 ribu per pax dan 20-25 orang, harganya Rp 350 ribu.

4. Bangun tim yang solid

Bisnis open trip terbilang sulit untuk dilakukan sendiri, sebab ada banyak hal yang harus diurus dalam perjalanan. Kamu dapat merekrut atau bekerja sama dengan beberapa sahabat atau keluarga terdekat yang memiliki minat yang sama, serta satu visi dan misi, sehingga bisnis akan berjalan lancar karena ada tim yang solid di belakangnya.

Baca Juga: 13 Cara Mudah Memulai Bisnis Travel

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com