Berdayakan UMKM, BI Jakarta Gelar JaKreatiFest

Kompas.com - 08/06/2022, 09:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Kreatif Festival sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI).

Program tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di era digital.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jakarta, Onny Widjanarko menjelaskan, acara yang diadakan pada 16-18 Juni 2022 secara hybrid tersebut merupakan upaya untuk mendorong pelaku ekonomi di tengah pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta yang kian membaik.

Baca juga: Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital Rp5.400 Triliun, Mahasiswa Diajak Jadi Wirausaha

"Kegiatan ini tahunan dan memang ditujukan untuk pemulihan ekonomi dan mengangkat UMKM supaya naik kelas, karena produk-produknya diambil dari UMKM," kata Onny dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) terdiri atas rangkaian pre-event, main event, dan post event. Rangkaian kegiatan itu mulai dari webinar tentang perlindungan konsumen pada transaksi keuangan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Pesta Wastra pada 10-16 Juni 2022 yang melibatkan perajin kain dan batik tradisional se-Indonesia dengan harga terjangkau.

Pesta Wastra digelar di Kawasan SCBD yang diharapkan dapat menggaet pengunjung milenial.

Pada acara utama, JaKreatiFest dilaksanakan secara daring dan luring pada 16-18 Juni 2022 melalui platform Zoom, Instagram dan Youtube, sedangkan luring digelar di Sarinah.

Baca juga: Cara Menjadi Mitra Binaan Program Pendanaan UMK Pertamina

Adapun jumlah UMKM yang tergabung dalam pameran luring JaKreatiFestsebanyak 30 UMKM terdiri atas fesyen, kuliner, kerajinan dan kopi. Sedangkan pada pameran daring, terdapat sekitar 200 UMKM di DKI Jakarta yang berpartisipasi.

"Tentunya UMKM yang dibawa ke Sarina nanti sudah kita kurasi, jadi produk-produk yang diikutsertakan memang premium namun 'affordable'," kata Onny.

Pameran UMKM yang dilaksanakan secara daring bekerjasama dengan marketplace Bukalapak untuk mendorong digitalisasi UMKM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Antara
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.