Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdayakan UMKM, BI Jakarta Gelar JaKreatiFest

Kompas.com - 08/06/2022, 09:07 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Kreatif Festival sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GNBBI).

Program tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di era digital.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jakarta, Onny Widjanarko menjelaskan, acara yang diadakan pada 16-18 Juni 2022 secara hybrid tersebut merupakan upaya untuk mendorong pelaku ekonomi di tengah pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta yang kian membaik.

Baca juga: Manfaatkan Potensi Ekonomi Digital Rp5.400 Triliun, Mahasiswa Diajak Jadi Wirausaha

"Kegiatan ini tahunan dan memang ditujukan untuk pemulihan ekonomi dan mengangkat UMKM supaya naik kelas, karena produk-produknya diambil dari UMKM," kata Onny dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) terdiri atas rangkaian pre-event, main event, dan post event. Rangkaian kegiatan itu mulai dari webinar tentang perlindungan konsumen pada transaksi keuangan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Pesta Wastra pada 10-16 Juni 2022 yang melibatkan perajin kain dan batik tradisional se-Indonesia dengan harga terjangkau.

Pesta Wastra digelar di Kawasan SCBD yang diharapkan dapat menggaet pengunjung milenial.

Pada acara utama, JaKreatiFest dilaksanakan secara daring dan luring pada 16-18 Juni 2022 melalui platform Zoom, Instagram dan Youtube, sedangkan luring digelar di Sarinah.

Baca juga: Cara Menjadi Mitra Binaan Program Pendanaan UMK Pertamina

Adapun jumlah UMKM yang tergabung dalam pameran luring JaKreatiFestsebanyak 30 UMKM terdiri atas fesyen, kuliner, kerajinan dan kopi. Sedangkan pada pameran daring, terdapat sekitar 200 UMKM di DKI Jakarta yang berpartisipasi.

"Tentunya UMKM yang dibawa ke Sarina nanti sudah kita kurasi, jadi produk-produk yang diikutsertakan memang premium namun 'affordable'," kata Onny.

Pameran UMKM yang dilaksanakan secara daring bekerjasama dengan marketplace Bukalapak untuk mendorong digitalisasi UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com