Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkat Produk UMKM Pesantren, Belasan Brand Fesyen Tampil di Yogyakarta

Kompas.com - 15/08/2022, 18:36 WIB
Bayu Apriliano,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

PURWOREJO, KOMPAS.com - Belasan produk fesyen karya anak-anak pesantren dipamerkan dalam acara Fashion Show Kemerdekaan di Ambarukmo Plaza Yogjakarta pada Sabtu (13/8/2022).

Acara yang diinisiasi oleh Jam’iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh (JPPPM) ini menampilkan produk unggulan fesyen khusus karya-karya anak pesantren.

JPPPM sendiri merupakan organisasi sosial keagamaan Islam, independen berdasarkan Ahlusunnah wal Jamaah an-Nahdliyyah. JPPPM fokus membangun pesantren dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Fashion show digelar untuk mengangkat UMKM pesantren ke ranah yang lebih luas. Dengan begitu, fashion show tak hanya dinikmati oleh kalangan pesantren.

Ketua Bidang Ekonomi JPPPM sekaligus pemilik merek Li Scarf, Irun Maulana, mengatakan, fashion show tersebut diadakan sebagai branding bagi beberapa brand fashion dari kalangan pesantren. Ia menyebut sudah waktunya merek produk fesyen dari pesantren menjangkau pasar yang lebih luas.

"Tujuannya agar produk UMKM pesantren bukan hanya bagi lingkungan pesantren saja, akan tetapi dapat menjangkau market secara global," kata Irun saat dikonfirmasi.

Belasan produk fesyen karya anak-anak pesantren dipamerkan dalam acara Fashion Show Kemerdekaan di Ambarukmo Plaza Yogjakarta pada Sabtu (13/8/2022).
KOMPAS.com/BAYU APRILIANO Belasan produk fesyen karya anak-anak pesantren dipamerkan dalam acara Fashion Show Kemerdekaan di Ambarukmo Plaza Yogjakarta pada Sabtu (13/8/2022).

Fashion Show bertajuk kemerdekaan ini merupakan kerjasama antara JPPPM bersama House Of L’Mar, Arby Vembira Modelling School dan Ambarukmo Plaza. Terdapat 12 brand fashion / desainer dari kalangan anak-anak pesantren yang ikut serta dalam acara fashion show.

Brand produk fesyen dari pesantren yang mengikuti fashion show yakni Noo & Nee By Kuni Maimun, Ghaleey Id feature Li Scarf By Irun Maulana, L Rayyya Signature, Aywaa By Urayfa Aqyasi, Masitah By Arin, Chika & Maza, Feyzagallery By Icha Firdausi, Sharma Boutique By Najhaty Sharma, Anjani Store By Anjani Sabila, NZ Kaftan By Nadira HB & Zil HB, Majmal By Ana Farhasy, Qeen By Ifa dan Minoed By Fikhris.

"Dengan tema Campaign for the Spirit of Small Medium Fashion Enterpreneurs, produk para desainer yang ditampilkan turut menjadi bagian dukungan kita bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang fashion dari pesantren," kata Irun.

Selain fashion show produk dari para desainer, juga diadakan talk show JPPPM bersama Fetra Nur Hikmah Sekretaris II JPPPM pusat dan Rindang Farichah JPPPM DIY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com