Angkat Produk UMKM Pesantren, Belasan Brand Fesyen Tampil di Yogyakarta

Kompas.com - 15/08/2022, 18:36 WIB

PURWOREJO, KOMPAS.com - Belasan produk fesyen karya anak-anak pesantren dipamerkan dalam acara Fashion Show Kemerdekaan di Ambarukmo Plaza Yogjakarta pada Sabtu (13/8/2022).

Acara yang diinisiasi oleh Jam’iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh (JPPPM) ini menampilkan produk unggulan fesyen khusus karya-karya anak pesantren.

JPPPM sendiri merupakan organisasi sosial keagamaan Islam, independen berdasarkan Ahlusunnah wal Jamaah an-Nahdliyyah. JPPPM fokus membangun pesantren dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Fashion show digelar untuk mengangkat UMKM pesantren ke ranah yang lebih luas. Dengan begitu, fashion show tak hanya dinikmati oleh kalangan pesantren.

Ketua Bidang Ekonomi JPPPM sekaligus pemilik merek Li Scarf, Irun Maulana, mengatakan, fashion show tersebut diadakan sebagai branding bagi beberapa brand fashion dari kalangan pesantren. Ia menyebut sudah waktunya merek produk fesyen dari pesantren menjangkau pasar yang lebih luas.

"Tujuannya agar produk UMKM pesantren bukan hanya bagi lingkungan pesantren saja, akan tetapi dapat menjangkau market secara global," kata Irun saat dikonfirmasi.

Belasan produk fesyen karya anak-anak pesantren dipamerkan dalam acara Fashion Show Kemerdekaan di Ambarukmo Plaza Yogjakarta pada Sabtu (13/8/2022).
KOMPAS.com/BAYU APRILIANO Belasan produk fesyen karya anak-anak pesantren dipamerkan dalam acara Fashion Show Kemerdekaan di Ambarukmo Plaza Yogjakarta pada Sabtu (13/8/2022).

Fashion Show bertajuk kemerdekaan ini merupakan kerjasama antara JPPPM bersama House Of L’Mar, Arby Vembira Modelling School dan Ambarukmo Plaza. Terdapat 12 brand fashion / desainer dari kalangan anak-anak pesantren yang ikut serta dalam acara fashion show.

Brand produk fesyen dari pesantren yang mengikuti fashion show yakni Noo & Nee By Kuni Maimun, Ghaleey Id feature Li Scarf By Irun Maulana, L Rayyya Signature, Aywaa By Urayfa Aqyasi, Masitah By Arin, Chika & Maza, Feyzagallery By Icha Firdausi, Sharma Boutique By Najhaty Sharma, Anjani Store By Anjani Sabila, NZ Kaftan By Nadira HB & Zil HB, Majmal By Ana Farhasy, Qeen By Ifa dan Minoed By Fikhris.

"Dengan tema Campaign for the Spirit of Small Medium Fashion Enterpreneurs, produk para desainer yang ditampilkan turut menjadi bagian dukungan kita bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang fashion dari pesantren," kata Irun.

Selain fashion show produk dari para desainer, juga diadakan talk show JPPPM bersama Fetra Nur Hikmah Sekretaris II JPPPM pusat dan Rindang Farichah JPPPM DIY.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.