Mengapa Smesco Pilih Nusa Dua Bali sebagai Hub Timur?

Kompas.com - 23/09/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Smesco memilih Nusa Dua, Bali, sebagai lokasi Smesco Hub Timur  untuk mendorong kemajuan Usaha Kecil Menengah (UKM) wilayah Indonesia Timur.

Direktur Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata mengatakan alasan utama pemilihan Nusa Dua karena kawasan yang dinilai strategis.

"Saya melihat Nusa Dua sebagai kawasan yang sangat strategic sejak dulu, tapi mungkin model peruntukannya sudah usang. Dulu mungkin it works, sekarang kalau masih mau pakai strategi lama ya udah enggak bisa. Maksudnya terlalu premium. Orang Bali aja segan masuk ke sana," jelas Leonard dalam wawancara khusus dengan Kompas.com di Gedung Smesco, Jakarta (21/9/22).

Kesan premium dan eksklusif Nusa Dua yang menimbulkan stigma di kalangan masyarakat ingin dihilangkan Smesco. Dikatakan, konsep premium perlu diubah menjadi lebih casual.

Leonard percaya Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua memiliki potensi untuk menjadi pusat bisnis atau central business district di Bali.

"Kebetulan ada management baru di ITDC yang punya visi baru. Kita juga sudah bicara dengan holdingnya, Saya rasa teman-teman yang lainnya juga punya keinginan yang sama," ujar Leonard.

Seiring dengan keyakinan Smesco bahwa Bali dapat menjadi super hub, diharapkan juga kawasan ini bisa berguna bagi teman-teman UKM dan komunitas di Indonesia Timur termasuk untuk masyarakat lokal Bali sendiri.

"Sementara ini Kita konsolidasi effort dulu, di mana nanti kegiatan trading dari Bali dulu saja dan yang lain jadi rantai pasok untuk kebutuhan. Ini kan pemerataan kesempatan juga," tutur Leonard.

Ia mengakui Smesco tak dapat melakukan semuanya. Mereka mendesain program dan kawasan ini sesuai mandat untuk mewujudkan fasilitas yang akan dipakai oleh para stakeholder yang akan menguntungkan UKM.

Leonard juga menyampaikan harapan bagi para Pemda di wilayah Indonesia Timur terkait sistem program bantuan UKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.