Dalam 2 Hari, Pameran Anggrek di Kota Batu Catat Transaksi Rp 3,3 Miliar

Kompas.com - 26/09/2022, 17:00 WIB

KOTA BATU, KOMPAS.com - Pemkot Batu melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Batu bersama komunitas pecinta bunga dan tanaman hias menggelar pameran anggrek berskala internasional.

Pameran bertajuk "Batu International Orchid Show 2022" itu digelar sejak Sabtu (24/9/2022) hingga 2 Oktober mendatang di lapangan parkir, Balai Kota Among Tani Batu.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan pameran anggrek itu diikuti oleh pembudidaya anggrek dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Makanan Tradisional Layak Untuk Dicoba

Selain dari petani lokal, pameran juga dihadiri Diantaranya seperti Bali, Kalimantan Tengah, Jambi hingga Papua. Bahkan juga terdapat peserta dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

Diharapkan, kegiatan tersebut mampu meningkatkan perekonomian di Kota Batu. Dewanti menyampaikan nilai perputaran uang yang dihasilkan dari pameran itu sudah mencapai miliaran rupiah.

"Selama dua hari saja, sudah ada transaksi sekitar Rp 3,3 miliar lebih yang berputar di pameran ini," kata Dewanti pada Minggu (25/9/2022).

Pameran tersebut, juga menjadi ajang unjuk gigi dari para peserta untuk menunjukkan kualitas anggrek yang dimiliki. Sehingga menciptakan daya saing antar pembudidaya anggrek.

Pameran ini diikuti sekitar 118 peserta dengan menampilkan anggrek jenis baru hasil silangan. Beberapa jenis anggrek yang dipamerkan salah satunya Phalaenopsis aphrodite dari asal Filipina.

Kemudian juga terdapat jenis anggrek Phalaenopsis speciosa dari spesies Andaman dan Nicobar Island. Selain itu ada jenis anggrek Phalaenopsis cornu-cervi asal Sumatera dan lainnya.

Dewanti berharap petani anggrek di Kota Batu mampu mengenalkan potensi tanaman hias yang ada di mata dunia. Dia juga berharap ke depan Kota Batu bisa menjadi salah satu pusat anggrek di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.