Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokasi UI Latih Perajin Anyaman Bambu Desa Sidetapa Bali Lakukan Pemasaran Digital

Kompas.com - 28/09/2022, 17:12 WIB
Putri Sophia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) mendorong promosi digital produk anyaman bambu Desa Sidetapa, Kabupaten Buleleng, Bali Utara melalui sosialisasi branding, pembuatan konten, dan pemasaran melalui platform digital.

Ketua Tim Pengmas, Melisa Bunga Altamira mengatakan, platform digital perlu menjadi alat bagi produk anyaman bambu Desa Sidetapa agar meningkatkan promosi dan produksi.

Anyaman bambu di Desa Sidetapa ini harus memiliki sebuah wadah atau platform digital agar semakin memperluas jangkauan promosi yang nantinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga,” ungkap Melisa dalam siaran pers, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: 4 Tips Penting Hadapi Komentar Negatif Konsumen di Media Sosial

Sosialisasi yang melibatkan dosen dan mahasiswa Vokasi UI ini berupaya untuk membantu promosi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) anyaman bambu, yang menjadi komoditas utama di Desa Sidetapa masuk ke platform digital.

Sebagai produk anyaman bambu terbaik dan sudah masuk pasar internasional, perajin yang ada di Desa Sidetapa merasakan manfaat dari sosialisasi tersebut.

“Saya merasa materi yang disampaikan dapat saya gunakan untuk meningkatkan kualitas penjualan dan tentunya juga meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya pemasaran digital bagi seluruh pengrajin anyaman bambu di sini,” kata Kadek Warini, salah satu peserta sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi tersebut disambut baik oleh Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk penerapan ilmu yang bermanfaat bagi pelaku usaha UMKM.

"Semoga Pengmas tersebut dapat bermanfaat bagi warga Desa Sidetapa dalam memajukan UMKM anyaman bambu,” ujar Padang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com