Menelisik Potensi Kopi Arabika di Bajawa, Tembus Ekspor ke Amerika Serikat

Kompas.com - 29/09/2022, 15:00 WIB

BAJAWA, KOMPAS.com - Bagi para pencinta kopi, Bajawa salah satu tempat yang bisa dikunjungi saat liburan. Bajawa adalah ibukota Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kota kecil ini dikelilingi perbukitan. Tak heran, udara yang sejuk dan dingin menjadi pengalaman pertama saat berada di sini.

Bajawa juga dikenal dengan kopi, bahkan sudah dibudidaya sejak dahulu kala. Hampir setiap warung maupun kedai pasti selalu menyajikan kopi.

Salah satu tempat jualan kopi yang kian digandrungi adalah Unit Pengolahan Hasil (UPH) Kopi Arabika Murni Flores. UPH ini dikembangkan oleh Koperasi Serba Usaha (KSU) Fa Masa.

Fa berarti sejuk dan Masa berarti semua. Fa Masa melambangkan kesejukan. UPH KSU Fa Masa berada di Desa Beiwali, Kecamatan Bajawa, Kabuaten Ngada. UPH KSU Fa Masa bisa ditempuh ekitar 15 menit perjalanan dari Kota Bajawa.

Letak Desa Beiwali sangat strategis karena berada di antara pegunungan Gae Flores dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.

Ketua KSU Fa Masa, Fabianus Deru mengatakan, kopi arabika hasil olahan UPH Fa Masa terus mengalami peningkatan setiap tahun. Bahkan sudah diekspor hingga ke luar negeri.

"Kalau luar negeri itu sampai Amerika. Dalam negeri seperti, Jakarta dan Surabaya. Lumayan banyak, kadang kami kirim 1.000 bungkus," ujar Fabianus saat ditemui Kompas.com, di KSU Famasa, Senin (26/9/2022) sore.

Fabianus menyebut, harga kopi arabika Fa Masa dijual sesuai ukuran. Untuk ukuran 100 gram dibanderol harga Rp 20.000, sementara untuk 1 kilogram harganya Rp 180.000.

"Itu kisaran harganya. Harga ini tentu sesuai dengan prosesnya yang panjang mulai dari panen sampai pengemasan. Apalagi para petani kopi masih mengelolanya secara tradisional," kata Fabianus.

Foto: Foto: Produk kopi yang diproduksi Unit Pengolahan Hasil (UPH) kopi arabika murni Flores Koperasi Serba Usaha (KSU) Fa Masa di Bajawa, NTT.Serafinus Sandi Hayon Jehadu/Kompas.com. Foto: Foto: Produk kopi yang diproduksi Unit Pengolahan Hasil (UPH) kopi arabika murni Flores Koperasi Serba Usaha (KSU) Fa Masa di Bajawa, NTT.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.