Dapat Bantuan Alat Produksi dari PLN, Omzet UMKM Ini Melesat 4 Kali Lipat

Kompas.com - 03/10/2022, 20:23 WIB

KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memberikan bantuan modernisasi peralatan produksi kepada UMKM Serba Singkong Cireundeu, Kota Cimahi, Jawa Barat. Bantuan yang diserahkan tersebut berhasil memacu produktivitas UMKM binaan sehingga omzet naik hingga 4 kali lipat.

Koordinator UMKM Serba Singkong Cireundeu, Neneng Sumirah mengatakan, sejak menerima bantuan di akhir Mei 2022 omzet penjualan produk olahan singkong terus mengalami peningkatan.

Mulanya omzet yang dikantongi per bulan Rp 5 juta, kini meningkat drastis menjadi Rp 20 juta per bulan.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Kebaya Wisuda Dengan Sukses

UMKM Serba Singkong Cireundeu yang berdiri sejak 2010 merupakan kelompok wanita tani yang bersama-sama mengembangkan produk olahan singkong di Cireundeu seperti eggroll, dendeng, saroja, keripik bawang, cireng, simping, dan lain-lain.

Eggroll merupakan produk olahan singkong yang paling laku keras. Neneng menyampaikan, kegiatan produksi yang dulu hanya dilakukan seminggu sekali, kini menjadi 3 kali dalam seminggu.

“Saat ini sudah mulai banyak wisatawan yang berkunjung ke Cirendeu, ketika pulang mereka membeli produk olahan singkong untuk oleh-oleh. Kegiatan produksi kami sangat terbantu dengan adanya bantuan peralatan dari PLN. Terima kasih atas bantuan yang diberikan," terang Neneng dalam keterangan resmi, Senin (3/10/2022).

Neneng menambahkan, produknya pernah diikutsertakan dalam beberapa bazar yang diselenggarakan di Cimahi.

Selain itu, pernah juga dibawa Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind ) Cimahi keluar Jawa Barat, seperti Padang bahkan ke Turki oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Cimahi.

Baca juga: 5 Langkah Sukses Merintis Bisnis Dropship Untuk Anak Muda

General Manager PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa Madura Bali (UIP2B Jamali) Suroso Isnandar, menyatakan PLN akan senantiasa mendukung kebangkitan UMKM terutama dalam masa pemulihan perekonomian di tengah kondisi pasca pandemi COVID-19 ini.

"Kami sangat gembira, bantuan yang kami berikan membawa dampak positif bagi UMKM Serba Singkong Cireundeu. Jika dimungkinkan penjualan juga dapat dilakukan secara online melalui fitur Marketplace pada PLN Mobile sehingga dapat menambah lagi pemasukan," terangnya.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.