Siti Sulastri Perkenalkan Produk Olahan Rempah Ternate hingga Luar Daerah

Kompas.com - 14/11/2022, 20:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berawal dari bisnis kecil, usaha Siti Sulastri dengan brand Tanawan perlahan-lahan mulai melayani pembeli dari luar daerah.

Setia mengusung produk-produk berbahan baku rempah, Siti Sulastri berhasil menggaet pembeli di luar daerah dengan menggunakan platform e-commerce.

Adapun produk-produk yang dibuat di antaranya makanan dan minuman olahan rempah, seperti air goraka instan, sirup pala, snack pala, hingga olahan ikan tuna.

Baca juga: Siti Sulastri Bangkitkan Pamor Rempah Maluku melalui Brand Tanawan

"Kami sudah menggunakan beberapa aplikasi seperti Instagram, Shopee, WhatsApp, dan lainnya juga ada," ujar Siti dalam kesempatan wawancaranya bersama Kompas.com, Jumat (11/11/2022).

Ia mengungkapkan dari keberhasilan memanfaatkan platform digital tersebut, dia mendapat penghargaan oleh Kementerian Desa terkait pemasaran digital.

Ekspor dan Pemasaran Produk ke Luar Pulau

Siti mengakui bahwa Tanawan memang belum melakukan ekspor ke luar negeri. Namun, bukan berarti ia tidak memiliki rencana dan harapan untuk hal tersebut.

"Tentu ada harapan kami untuk bisa ekspor, supaya produk kita, terutama produk rempah khas Maluku Utara bisa dikenal. Walaupun tidak seluruh dunia, tapi setidaknya ada beberapa negara yang bisa mengenal," ujar Siti.

Hanya saja, untuk pasar dalam negeri, Tanawan sudah berhasil mendistribusikan produknya hampir ke seluruh Indonesia sejak 2014.

"Walaupun belum seluruhnya, tapi hampir lah. Bahkan pemesanan dari Papua, Makassar, Kalimantan, itu juga ada," jelas Siti.

Untuk pengiriman ke luar negeri memang sudah ada, tapi sistemnya memang belum ekspor produk secara besar melainkan berupa titipan.

Baca juga: Dukung UMKM Go Internasional, BNI Optimalkan Momentum G20

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.