Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Tingkatkan Produktivitas Peternak, FTUI Ciptakan Alat Otomatis Penyortir Telur

Kompas.com - 11/01/2023, 09:36 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Departemen Teknik Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTMM FTUI) menciptakan alat sortir telur otomatis yang dapat memproses 6.000 telur per jam atau dua kali lebih banyak dari cara konvensional.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat DTMM FTUI Jaka Fajar Fatriansyah menuturkan, alat tersebut dibuat karena sampai saat ini masih banyak peternak yang masih mengandalkan tenaga manusia untuk memilih telur.

"Kami melihat kondisi UMKM peternak telur di lapangan masih bersifat labor-intensive," kata Jaka Fajar Fatriansyah, Rabu (11/1/2023).

Baca juga: 9 Kesalahan yang Harus Dihindari Pelaku Usaha Saat Membangun Bisnis

Dia mengungkapkan, pembuatan alat sortir telur otomatis itu dilakukan bersama Yayasan Edu Farmers International. Alat tersebut diharapkan bisa meningkatkan produktivitas UMKM peternak telur ayam dan meningkatkan nilai telur ayam yang diproduksi dengan skema pelabelan otomatis.

Alat produksi FTUI ini berukuran lebih kecil dari alat serupa produksi luar negeri dan dibanderol dengan harga terjangkau bagi UMKM.

Alat ini bekerja dengan cara menyortir telur berdasarkan beratnya menggunakan prinsip magnet. Alat ini dapat menyortir telur dengan tiga grade yang berbeda.

Baca juga: Tren Belanja Online Meningkat, Tanda Pentingnya Digitalisasi UMKM

 

Pada tahap awal, alat ini diujicobakan di Peternakan Agrova Farm, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Desember 2022.

Uji coba ini dilakukan untuk melihat kondisi alat di lapangan dan untuk mendapat masukan dari calon user/costumer, yaitu Agrova Farm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com