Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Rekening Bisnis dan Rekening Pribadi Harus Dipisah

Kompas.com - 11/01/2023, 11:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Saat pelaku usaha memulai bisnis, salah satu langkah utama yang harus dilakukan adalah membuka rekening bisnis di bank.

Penting untuk memisahkan penyetoran dan pengeluaran bisnis Anda dengan rekening pribadi Anda.

Pelaku usaha dapat memilih bank yang berbeda untuk membuat rekening bisnis dan rekening pribadi atau memilih satu bank yang menawarkan rekening kompetitif untuk keduanya.

Baca juga: 9 Kesalahan yang Harus Dihindari Pelaku Usaha Saat Membangun Bisnis

Berikut ini adalah tiga alasan mengapa Anda sebagai pelaku usaha harus memisahkan rekening bisnis dari rekening pribadi Anda.

1. Pembukuan yang Bersih dan Akurat

Setiap pelaku usaha, tentu ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Tapi, sekecil apa pun modal bisnis Anda, jangan pernah menggabungkannya dengan uang pribadi.

Berapa pun modal bisnis Anda simpan di rekening bank berbeda. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah membuat pembukuan yang bersih dan akurat, karena Anda dapat dengan mudah memantau setiap pengeluaran dan pemasukan dari bisnis.

Belum lagi jika bisnis Anda tumbuh di tahun-tahun berikutnya, kompleksitas dan volume transaksi Anda pasti akan tumbuh bersamanya.

Anda harus siap untuk mendokumentasikan semua transaksi dengan sangat rinci selama musim pajak setiap tahun. Jika Anda menggabungkan keuangan pribadi dan bisnis, proses ini akan memakan waktu lebih lama.

2. Buktikan Bisnis Anda Bukan Hobi

Jika Anda menjalankan bisnis rumahan, penting untuk memisahkan pengeluaran bisnis dan pribadi.

Hal ini berkaitan dengan pelaporan pajak tahunan. Jangan sampai pajak bisnis dibebankan ke dalam pajak harta pribadi.

Pemisahan rekening pribadi dan rekening bisnis dapat memperjelas, bahwa apa yang Anda lakukan adalah bisnis, bukan sekadar hobi.

Selain itu, jika bisnis Anda telah berbadan hukum, maka wajib memiliki sistem pembukuan tersendiri. Karena, ketika sebuah bisnis berbadan hukum, maka ia akan menjadi badan hukumnya sendiri dan terpisah dari individu yang mendirikan bisnis tersebut.

Baca juga: 4 Tips Menjalankan Bisnis UMKM yang Mampu Bertahan Sepanjang Masa

3. Menunjukkan Profesionalisme

Rekening bank bisnis diperlukan oleh pelaku usaha untuk menerima transaksi kartu bank atas penjualan produk Anda.

Jika Anda memiliki bisnis ritel, Anda juga memerlukan rekening bank bisnis untuk sistem tempat penjualan Anda.

Menjaga keuangan bisnis Anda terpisah dari keuangan pribadi, menunjukkan bahwa Anda berdedikasi dan bersikap profesional.

Selain itu, jika Anda tidak memisahkan pengeluaran bisnis dan pribadi, maka Anda dapat dituntut bertanggung jawab secara pribadi atas tindakan bisnis, yang mana tidak hanya soal transaksi keuangan.

Baca juga: Ketahui 2 Penyebab Bisnis Bangkrut, Salah Satunya Manajemen yang Buruk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com