Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Terjangkau dan Fleksibel, Ini 8 Bisnis Digital yang Layak Dicoba

Kompas.com - 23/01/2023, 10:16 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Tidak dapat dimungkiri bahwa kemajuan teknologi membuka banyak pintu usaha yang mampu memberikan peluang keuntungan menjanjikan dan layak untuk dicoba.

Salah satu jenis usaha baru yang potensial dan banyak dilirik belakangan ini adalah bisnis digital. Ada beragam keunggulan dari bisnis digital ini dibanding bisnis konvensional. Beberapa di antaranya adalah tak membutuhkan modal besar, lebih fleksibel, dan bisa dikerjakan secara online.

Alhasil, tak mengherankan jika banyak orang tertarik untuk menekuni berbagai jenis bisnis digital tersebut yang sesuai dengan keahlian dan keinginannya.

Lantas, apa saja contoh bisnis digital potensial dan menjanjikan yang bisa Anda coba? Sebagai referensi, berikut 8 ide bisnis digital yang layak untuk dicoba di tahun 2023 ini, dilansir dari Cermati.com:

1. Entri Data

Rekomendasi ide bisnis digital yang pertama adalah entri data alias memasukkan informasi atau data menjadi format elektronik atau digital.

Contoh data yang dimasukkan menjadi bentuk digital atau elektronik bisa berupa salinan cetak, ataupun rekaman suara dan video ke bentuk dokumen Word, Excel, maupun software lain sesuai keinginan klien.

Ide bisnis bisa dimulai tanpa memerlukan keahlian khusus selain pemahaman komputer dasar.

2. Desain Grafis

Desain grafis merupakan salah satu contoh ide bisnis digital populer dan booming secara online belakangan ini. Secara umum, pekerjaan menjadi seorang desain grafis ialah membuat konten visual yang mampu mengkomunikasikan suatu pesan tertentu.

Sebagai contoh, desainer grafis akan membuat desain logo, template situs web, materi iklan di spanduk, kartu nama, sampul buku, desain baju, dan lain sebagainya.

Karena ruang lingkup jasanya yang terbilang sangat luas, ide bisnis yang satu ini bisa sangat menjanjikan. Untuk bisa memulainya, Anda perlu memiliki kemampuan untuk menggunakan aplikasi desain grafis di komputer serta perangkat komputer yang cukup kuat.

3. Desain UI/UX

Sama halnya dengan desain grafis, desain UI/UX juga menjadi salah satu ide bisnis digital yang cukup meledak beberapa waktu belakangan. Alasannya karena permintaan akan jasa ini terus meroket seiring dengan banyaknya permintaan dari pemilik situs web, aplikasi seluler atau web, permainan video, serta perangkat lunak.

Intinya, bekerja sebagai desainer UI/UX adalah memastikan jika situs web atau aplikasi mempunyai tampilan halaman yang mampu dipahami oleh penggunanya.

Sebagai contoh, profesi ini menjamin jika sebuah aplikasi atau situs mudah untuk digunakan, dimengerti, dan diakses oleh para penggunanya. Apabila Anda mempunyai keahlian dalam hal desain serta pemasaran, beralih ke profesi ini tentu bisa menjadi pilihan yang pas untuk dipilih karena range penghasilannya juga cukup menjanjikan.

4. Jasa SEO

Selanjutnya ada jasa SEO alias Search Engine Optimization yang merupakan bidang profesi yang cukup kompleks sebab membutuhkan kemampuan khusus agar bisa ahli dalam hal tersebut.

Secara umum, peran dari pemberi jasa SEO adalah mengoptimalkan situs agar bisa mendapatkan peringkat atau posisi tinggi pada mesin pencarian internet, seperti, Google atau Bing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com