Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

8 Langkah Cerdas Memulai Bisnis Apotek

Kompas.com - 13/03/2023, 14:16 WIB

KOMPAS.com - Tertarik menjadi pengusaha di bidang kesehatan? Bisnis apotek bisa jadi salah satu ide usaha menjanjikan. Ini karena tingginya permintaan obat-obatan dari masyarakat terbilang cukup besar.

Terlebih semenjak masa pandemi berlangsung beberapa tahun terakhir, sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan untuk mencoba bisnis ini.

Permintaan vitamin, obat, dan fasilitas kesehatan lainnya menjadi sangat tinggi hingga saat ini, sehingga kebutuhan apotek yang menyediakan berbagai produk kesehatan menjadi semakin besar.

Namun, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk memulainya. Mengingat produk kesehatan, termasuk obat-obatan memerlukan izin edar supaya dapat dipasarkan sesuai prosedur dan juga aman dikonsumsi. Selain itu, pemilik juga harus memiliki izin untuk membuka apotek tersebut.

Sebagai panduan secara singkat, berikut ini beberapa tips untuk memulai bisnis apotek yang bisa diterapkan, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Hal pertama yang perlu dipersiapkan untuk membuka bisnis adalah memilih lokasi yang tepat lebih dulu. Pastikan lokasi yang dipilih letaknya strategis yang membuatnya mudah dijangkau calon konsumen.

Sebaiknya, pilih lokasi yang terpantau ramai dan banyak dikunjungi oleh masyarakat, sehingga peluang mendapatkan konsumen baru akan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, memilih lokasi strategis juga memberikan keuntungan lain. Seperti memudahkan proses distribusi obat-obatan dan produk kesehatan yang dijual menjadi jauh lebih efektif.

2. Siapkan Fasilitas yang Memadai

Hal lainnya yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis apotek adalah menyiapkan segala bentuk fasilitas yang dibutuhkan. Terutama fasilitas untuk penyimpanan obat-obatan maupun berbagai produk kesehatan yang lainnya. Ini dilakukan agar produk obat-obatan tersebut tetap terjaga kualitasnya sehingga tetap efektif dan aman dikonsumsi.

Beberapa fasilitas yang perlu dipersiapkan mulai dari etalase pajangan produk, lemari es hingga AC ruangan. Sebab, ada beberapa jenis. Fasilitas tersebut diperlukan untuk menyimpan produk, belum lagi ada beberapa jenis produk obat yang memang harus disimpan di lemari pendingin sesuai labelnya. Seperti suntikan insulin, vaksin, dan beberapa jenis obat-obatan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke