Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sukses Memulai Usaha Cuci Motor

Kompas.com - 15/03/2023, 20:20 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahun bisa dijadikan peluang untuk mendapat cuan, salah satunya membuka usaha cuci motor.

Usaha cuci motor cukup mudah dilakukan. Selain itu, usaha ini juga menjanjikan. Kamu bisa memilih usaha ini karena tidak semua orang memiliki tenaga untuk membersihkan kendaraannya sendiri.

Jadi, tertarik untuk usaha cuci motor? Supaya tidak salah langkah, berikut ini cara sukses memulai usaha cuci motor yang bisa dilakukan, seperti dirangkum dari beberapa sumber.

1. Mendalami keahlian mencuci motor

Cara pertama yang harus dilakukan adalah mendalami keahlian mencuci motor. Hal ini menjadi penting supaya memperoleh hasil pencucian yang bersih dan juga wangi.

Baca juga: Mau Buka Usaha Bengkel Motor? Simak Tips dari Pemilik Bengkel Ini

Selain itu, kamu juga harus memastikan saat melakukan pencucian kendaraan tidak mengalami lecet dan lebih mengkilap. Kamu juga harus memiliki keahlian lain untuk membedakan usaha sendiri dengan pesaing.

2. Memilih lokasi usaha

Selanjutnya memilih lokasi usaha. Usahakan lokasi yang dipilih harus strategis supaya mudah diketahui dan dicari oleh pelanggan. Misalnya lokasi dekat dengan tempat tinggal warga.

Jangan lupa, pastikan tempat usaha memiliki tempat parkir dan perhatikan selalu kebersihan tempat usaha supaya pelanggan yang datang tidak terganggu. Kemudian, sediakan ruang untuk menunggu.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Bengkel Motor untuk Pemula

3. Mempunyai peralatan

Cara ketiga mempunyai peralatan yang lengkap. Hal ini perlu saat memulai usaha cuci motor setidaknya memiliki peralatan dasar agar memudahkan pekerjaan.

Misalnya memiliki busa khusus mencuci motor, kanebo, sikat, pengkilap motor, dan semir ban. Berjalannya waktu usaha semakin berkembang bisa membeli peralatan lainnya.

4. Pelayanan maksimal

Selanjutnya memberikan pelayanan dengan maksimal, pelanggan yang terkesan biasanya akan kembali lagi dan mempromosikan pada teman-temannya.

Misalnya dengan memberikan keramahan dan kecepatan pencucian.

Baca juga: Ingin Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan? Simak Langkah Berikut Ini

Kamu juga bisa merekrut karyawan untuk membantu. Apalagi kalau pelanggan berdatangan di satu waktu. Selain itu, terbuka akan kritik dan saran.

5. Promosi yang tepat

Cara terakhir yang dilakukan ialah menggunakan strategi promosi yang tepat. ketika pembukaan usaha kamu bisa memberikan penawaran diskon sekian persen untuk jangka waktu tertentu.

Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan media online, menyebarkan brosur, dan memasang banner di pinggir jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com