Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sukses Raih Keuntungan di Musim Liburan, Apa Saja?

Kompas.com - 17/04/2023, 11:30 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.comMusim liburan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh orang banyak, terutama bagi pelaku bisnis. Selain menjadi waktu untuk bersantai juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan penjualan.

Hal itu disebabkan karena meningkatnya jumlah pelanggan yang melakukan pembelian selama musim liburan. Namun, untuk bisa meraih keuntungan di musim liburan diperlukannya strategi yang tepat.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meraih keuntungan di musim liburan.

Baca juga: 5 Tips Sukses Membuat Bisnis Bertahan di Tengah Persaingan

1. Konsisten memberikan harga normal

Memberikan harga lebih rendah dari para pesaing untuk menarik minat pelanggan ternyata bukan cara yang tepat.

Memberikan harga lebih rendah tentu akan merugikan bisnis, meskipun kemungkinan besar pelanggan datang membeli produkmu. Keuntungan yang diperoleh lebih sedikit dan membuat kerugian bisnis.

2. Memberi potongan harga sewajarnya

Apabila ingin memberikan potongan harga, berilah potongan harga yang sewajarnya. Jika memberi potongan harga terlalu besar bisa membuat bisnis merugi.

Untuk mengakalinya, bisa dialihkan dengan memberi bonus ke pelanggan yang membeli produk di waktu liburan. Misalnya seperti memberikan voucher belanja.

Hal tersebut bisa menjadi solusi yang lebih menarik dibandingkan hanya memberi potongan harga.

Baca juga: Cara Jitu Optimalkan Performa Bisnis dengan Media Sosial

3. Memanfaatkan pelanggan lama

Banyak pelaku bisnis kehilangan pelanggan lama karena terburu-buru mencari pelanggan baru. Di musim liburan, manfaatkan pelanggan lama dengan mengajak mereka berkumpul dan buatlah komunitas pelanggan. Sehingga pelanggan lebih loyal terhadap produk.

Apabila pelanggan sudah loyal, mereka dengan senang hati akan merekomendasikan bisnismu pada orang lain.

4. Memberikan kemudahan dalam membeli.

Melakukan penjualan produk di musim liburan menjadi hal yang susah-susah gampang. Selain memikirkan strategi yang tepat, juga harus memberikan kemudahan untuk pelanggan.

Buatlah produk lebih mudah ditemukan dan dijangkau, apabila bisnis hanya dijual secara offline berikan kemudahan pemesanan melalui telepon dan kirimkan langsung ke pelanggan.

Akan tetapi, usahakan produk bisa ditemukan secara online karena banyak pelanggan yang mulai sibuk untuk menyiapkan liburannya. Misalnya dengan memanfaatkan sosial media.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Kepuasan Pelanggan? Simak Cara Berikut Ini

5. Memantau laba dan rugi

Cara terakhir dengan memantau laba dan rugi dari proses penjualan karena di musim liburan biasanya pebisnis hanya memikirkan keuntungan saja.

Mencari keuntungan memang diperbolehkan, tetapi jangan lupa untuk membuat laporan keuangan bisnis.

Dengan memperhitungkan laba dan rugi, Kamu bisa menentukan berapa harga yang sesuai untuk diberikan ke pelanggan dan strategi apa yang cocok dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com