Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Beri Edukasi Literasi Keuangan Bagi IRT dan Pelaku UMKM Cikarang

Kompas.com - 24/04/2023, 18:50 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat termasuk bagi para Ibu Rumah Tangga (IRT) dan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Cikarang, Kabupaten Bekasi melalui kegiatan edukasi keuangan.

Kegiatan yang diselenggarakan Senin (17/4/2023) di Pendopo Kantor Pemerintahan Kabupaten Bekasi ini dihadiri oleh Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi.

Friderica ingin mengajak masyarakat untuk melakukan pengelolaan keuangan secara sederhana agar tetap berjalan dengan baik dan tak overspending, terlebih di bulan Ramadhan ini.

Baca juga: Tips Membangun Manajemen Keuangan yang Baik untuk Usaha Mikro

Ia juga mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap penawaran investasi dan pinjaman online ilegal yang menyasar kalangan awam, terlebih setelah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

"Hal-hal yang menyebabkan masyarakat kita mudah tergiur dengan pinjol ilegal ini diantaranya masih rendahnya tingkat literasi keuangan masyarakat, mudahnya replikasi aplikasi digital, promosi yang sangat mudah dan murah melalui sosial media. Dan, apabila Ibu mendapatkan tawaran investasi, pastikan 2L ya Legal dan Logis,” ujar Friderica melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Bank Indonesia Tingkatkan Akses Keuangan UMKM dari Sisi Supply dan Demand

Untuk memastikan apakah perusahaan investasi tersebut legal, dapat menhubungi Whatsapp Kontak OJK 157 di 081157157157.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi XI DPR RI, Puteri Anetta Komarudin, mengatakan bahwa bagi para pelaku UMKM yang berperan besar terhadap pergerakan roda perekonomian nasional, sangat penting untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan sehingga sangat diperlukan adanya kegiatan edukasi seperti ini.

Sulastri (48), salah satu pemilik warung, mengapresiasi rangkaian kegiatan sosialisasi edukasi keuangan yang dilakukan oleh OJK dan berharap kegiatan seperti ini semakin sering diadakan.

Baca juga: Pemerintah Dorong Inklusi dan Literasi Keuangan bagi UMKM

"Kegiatan ini sangat banyak manfaatnya ya jadi harus lebih sering dilakukan dan saya juga berharap OJK semakin maju dalam tugasnya untuk melindungi konsumen dari pinjol-pinjol ilegal," ucapnya.

Tak hanya sosialisasi edukasi keuangan, dalam acara ini disampaikan juga edukasi terkait peran penting peningkatan pemahaman terhadap produk dan layanan jasa keuangan, seperti Kredit Usaha Rakyat, Tabungan Emas, Investasi Reksa Dana, Perencanaan Keuangan dan materi Waspada Investasi serta Pinjol Ilegal.

Rangkaian acara ini juga diikuti oleh kegiatan penyerahan simbolis produk keuangan kepada penerima manfaat Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Tabungan Emas, serta pameran produk UMKM masyarakat yang berada di daerah Cikarang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com