Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Jitu Memilih Media Partner Guna Memperlancar Promosi

Kompas.com - 22/05/2023, 09:49 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media partner menjadi salah satu bagian penting dalam ekosistem bisnis. Hal ini karena perusahaan media menyediakan ruang iklan untuk bisnis lain guna memperoleh keuntungan dan pelanggan yang berpotensial.

Berangkat dari hal itu, tidak ada salahnya bisnis yang kamu jalankan bekerja sama dengan perusahaan media. Akan tetapi, sebelum melakukan kerja dengan media partner, sebaiknya memilih media partner secara benar agar berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara memilih media partner yang bisa dilakukan sebelum melakukan kerja sama.

Baca juga: Rahasia Bikin Pelanggan Tertarik dengan Merekmu, Bisa Dicoba!

1. Mengenali target audiens

Sebelum melakukan kerja sama dengan media partner, pastikan telah menentukan siapa saja target pasar dari bisnis yang sedang dijalankan.

Bisnis harus menyesuaikan target pasarnya dengan bagian audiens dari perusahaan media yang ingin diajak bekerja sama. Sebagai contoh, jika mempunyai bisnis kecantikan ada baiknya memilih media partner yang juga bergerak di bidang kecantikan.

Oleh karena itu, hindari mempunyai media partner yang tidak sesuai dengan bisnis karena iklan yang dipasang akan diterima audiens yang tidak berpotensial.

2. Menentukan hasil yang diinginkan dari media partner

Selanjutnya, menentukan hasil atau tujuan yang ingin dicapai dari media partner. Dalam hal ini tujuan bisa berwujud penjualan, pertambahan pengikut media sosial, atau peningkatan pengunjung situs web.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Strategi Pemasaran di Media Sosial

Misalnya sebagai contoh menargetkan pertumbuhan konsumen dan pengikut bisnis dengan melakukan kerjasama oleh perusahaan media.

Sehingga, dengan mempunyai target yang jelas dan bisa dilakukan pengukuran, kamu bisa mengetahui tingkat keberhasilan iklan yang dijalankan.

3. Membagikan konten yang sesuai

Terakhir, setelah menentukan hasil yang diinginkan, kamu harus menyiapkan materi konten yang sesuai dengan media yang dipilih.

Salah satu contohnya, apabila kamu melakukan kerja sama dengan platform media sosial, kamu harus menyiapkan bahan promosi yang sesuai dan sempurna.

Demikian beberapa cara memilih media partner yang bisa dilakukan, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com