Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Strategi Manfaatkan Instagram untuk Berbisnis ala Pemilik Mama Yam

Kompas.com - 27/05/2023, 14:40 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hadirnya berbagai platform digital, seperti marketplace online dan media sosial, semakin memudahkan strategi pemasaran dan promosi bagi pelaku bisnis, termasuk UMKM.

Penggunaan media sosial yang tepat, dapat membantu kamu menjalankan bisnis secara maksimal dan efektif.

Menggunakan media sosial untuk berbisnis sebenarnya bukan hal yang sulit, asalkan kamu memahami karakter media sosial yang digunakan dan dapat menyesuaikannya sesuai dengan bisnis dan target pasar yang dituju.

Marcelina Inneke, pemilik usaha kuliner pastel pastry Mama Yam, membagikan kepada Kompas.com pada Kamis (18/5/2023) beberapa strategi efektifnya dalam menggunakan Instagram, sehingga menarik konsumen dan dapat membantu pemasaran sekaligus promosi bisnis.

Baca juga: 5 Manfaat Pemasaran di Media Sosial, Salah Satunya Publikasi Gratis

1. Siapkan jadwal konten

Saat membuat akun Instagram untuk berbisnis, pastikan kamu juga telah menyiapkan jadwal konten lengkap beserta ide-idenya.

Hal ini untuk memudahkan kamu ketika akan ‘menghidupkan’ akun Instagram, sehingga menarik juga untuk dilihat oleh audiens.

Jangan lupa untuk menerapkan konsistensi dalam mengunggah konten, agar dapat membangun engagement yang stabil.

“Awal-awal pas bikin itu saya siapkan sekitar 20-30 postingan, jadi biar seenggaknya di Instagram ini ramai dulu. Kemudian posting sehari minimal 2 kali,” ucapnya.

Baca juga: 8 Ide Konten Interaktif di Instagram yang Bisa Membuat Bisnismu Cuan

2. Gunakan hashtag yang sesuai

Di dalam konten, kamu juga bisa menambahkan penggunaan hashtag atau tagar yang sesuai dengan bisnis yang kamu jalani. Penggunaan hashtag ini dapat membantu bisnismu dikenal oleh banyak orang.

“Terus pakai hashtag juga yang sesuai dengan bisnis kita,” kata Marcelina.

Dengan menggunakan hashtag yang sesuai, juga akan memudahkan orang mengunjungi akun Instagrammu ketika mereka melakukan pencarian dengan mengetikkan hashtag di kolom pencarian Instagram.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Cara Pakai Hashtag Instagram untuk Pemasaran

3. Buat foto produk yang menarik

Karakteristik dari media sosial Instagram adalah visual. Jadi, mengunggah konten yang berisi visual yang menarik dan eye-catching untuk dilihat menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan.

Pastikan foto produk yang kamu unggah sebagai konten dapat terlihat dengan jelas sehingga memudahkan konsumen untuk mengenali produk yang kamu tawarkan.

“Saya juga cari-cari nih untuk foto produknya biar bagus dan lebih menarik jadi supaya ketika nanti pakai ads orang juga melihatnya bagus nih toko onlinenya, gitu. Dirapihin aja sih Instagramnya,” jelasnya.

Kamu juga dapat menambahkan keterangan atau detail produk di bagian caption Instagram.

Baca juga: 8 Tips Foto Produk Terlihat Lebih Menarik di Media Sosial

4. Ajak kerja sama influencer

Strategi terakhir yang dapat kamu terapkan adalah dengan menggunakan kekuatan influencer. Seiring berjalannya bisnis, kamu bisa memanfaatkan keuntungan yang didapat dengan berinvestasi melalui influencer.

Dengan memiliki audiens tersendiri, kamu dapat memperluas jangkauan pasar melalui influencer tersebut. Pastikan kamu memilih influencer yang sesuai dengan karakter bisnis yang kamu jalani.

“Sama pakai influencer juga gitu ya,” tambahnya.

Baca juga: Cara Tepat Memilih Influencer untuk Bisnis, Jangan Salah Pilih!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com