Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kelebihan Strategi Mobile Marketing Untuk Bisnis

Kompas.com - 29/05/2023, 17:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap bisnis yang dijalankan oleh seseorang, tentu memiliki strategi marketing masing-masing yang dianggap sesuai dengan bisnis mereka.

Terdapat banyak strategi pemasaran yang bisa digunakan yakni salah satunya dengan cara menggunakan mobile marketing.

Dengan strategi mobile marketing, kamu bisa mempromosikan produk dan layanan jasa yang dipersonalisasi sesuai minat dan perilaku pengguna smartphone.

Sehingga, penting untuk menggunakan strategi mobile marketing jika promosi terhadap produk atau layanan jasa ingin sukses. Hal ini bisa terjadi karena mobile marketing mempunyai sejumlah kelebihan.

Baca juga: 3 Cara Optimalkan Transformasi Digital dalam Business Marketing

Berikut ini berbagai kelebihan menggunakan strategi mobile marketing pada bisnis seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Akses yang mudah

Semakin berkembangnya teknologi informasi membuat smartphone menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Smartphone bisa membantu mencari informasi, berkomunikasi dengan banyak orang dan banyak kegunaan lainnya.

Saat ini, rata-rata pengguna smartphone menghabiskan waktu lebih lama di aplikasi media sosial. Karena itu, kamu harus fokus pada mobile marketing.

2. Lokasi dan personalisasi

Selanjutnya fleksibilitas menjadi salah satu keunggulan dari mobile marketing. Kamu bisa melakukan pemasaran berdasarkan lokasi, minat, sampai perilaku pengguna.

Baca juga: 5 Macam Digital Marketing yang Dapat Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Dengan adanya pemasaran berdasarkan lokasi dan personalisasi pengguna smartphone, kamu bisa memasarkan produk atau layanan bisnis kepada pengguna yang tepat.

3. Ada potensi untuk menjadi viral

Ada banyak orang yang tiba-tiba menjadi terkenal karena konten yang mereka buat di media sosial menarik perhatian orang banyak, tentu hal ini bisa terjadi juga pada bisnis yang sedang kamu jalankan.

Iklan yang menarik sering menjadi pembicaraan orang banyak dan menjadi viral karena disebarkan dan dibagikan dari satu akun ke akun lainnya.

Supaya campaign produkmu viral, gunakan penggabungan antara strategi mobile marketing dengan gimmick marketing. Apabila ini berhasil, kamu bisa memperoleh lebih banyak eksposure tanpa usaha.

4. Transaksi langsung

Mobile marketing bisa memunculkan pembelian impulsif karena ciri khas iklan mobile muncul di tengah kegiatanmu memakai aplikasi.

Baca juga: 3 Alasan Pebisnis Pemula Perlu Memanfaatkan Content Marketing

Iklan yang menarik bisa membuat orang penasaran dan mengecek di mesin pencari. Hal tersebut bisa menimbulkan pembelaan impulsif dan langsung melakukan transaksi.

5. Mengurangi pengeluaran biaya

Selanjutnya kamu bisa memaksimalkan kegiatan marketing dengan biaya yang tidak banyak. Sama seperti iklan online yang bisa diatur campaign dengan besaran dana yang dimiliki.

Selain itu, ukuran layar smartphone lebih kecil dibandingkan laptop. Tempat untuk iklan terbatas yang bisa memudahkan konten untuk terlihat. Hal tersebut berpengaruh pada ukuran dan biaya pembuatan konten yang minim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com