Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Bisnis Digital yang Mudah Dilakukan dari Rumah, Termasuk Jasa Voice Over

Kompas.com - 29/05/2023, 19:39 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menjalankan bisnis sekarang ini tidaklah harus menyewa tempat atau membuka toko untuk berjualan. Semakin berkembangnya teknologi, perkembangan dunia bisnis pun semakin maju dan beragam.

Bahkan, sekarang ini kamu dapat melakukan bisnis dalam bentuk digital dan dapat dilakukan dari rumah.

Adapun bisnis digital merupakan suatu bisnis yang dalam kegiatannya memanfaatkan penggunaan teknologi digital, mulai dari model bisnisnya hingga pemberian pelayanan kepada pelanggan.

Berikut ini beberapa bentuk bisnis digital yang dapat kamu lakukan dari rumah dengan mudah.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Digital? Simak 7 Tipsnya

1. Influencer Instagram

Jika kamu termasuk orang yang senang bermain media sosial, khususnya Instagram dan memiliki banyak followers, maka kamu dapat memanfaatkan hal tersebut untuk menjadi seorang influencer Instagram.

Namun, agar menjadi seorang influencer yang sukses dan mampu bersaing, kamu harus memiliki identitas yang kuat dan karakteristik konten yang jelas, agar audiens yang dituju pun dapat sesuai dan tepat sasaran.

Jangan lupa juga untuk memerhatikan kualitas konten yang diunggah, sehingga audiens pun akan tertarik untuk melihat kontenmu.

Nantinya, hal ini adapat mengundang berbagai tawaran kerjasama untuk endorse produk sesuai dengan jenis konten yang kamu unggah.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Generasi Muda Bertalenta Ekonomi Digital yang Siap Kerja

2. Menulis konten

Memiliki banyak ide dan kreatif merupakan keuntungan yang dapat kamu manfaatkan untuk mencari cuan.

Kamu dapat membuka jasa untuk menulis ide konten bagi para content creator yang membutuhkan. Agar lebih meyakinkan dan memberikan hasil yang maksimal, gunakan data-data audiens di media sosial untuk membantumu membuat ide konten.

3. Membuat podcast

Podcast merupakan konten berbentuk audio dan audiovisual yang dapat diakses melalui berbagai platform berbeda yang sekarang ini sudah banyak tersedia secara online.

Bisnis ini cocok bagi kamu yang memiliki passion dalam industri kreatif dan senang berbicara untuk didengarkan. Tentukan secara jelas siapa target audiens yang ingin kamu tuju dan apa isi podcast yang akan kamu bahas.

Jika kamu berhasil menjadi seorang podcaster yang memiliki banyak pengikut, hal ini dapat membuka peluang kamu untuk ditawari kerja sama dengan berbagai brand atau public figure untuk ikut berbincang di podcaastmu.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membangun Bisnis Online

4. Jasa voice over

Bisnis yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki karakter suara yang khas, tetapi juga dapat disesuaikan dengan karakkter yang dibutuhkan.

Jasa voice over sendiri banyak dicari untuk kebutuhan komersil, seperti contohnya pengisi suara drama podcast atau iklan di radio.

Kamu dapat menggunakan media sosial sebagai bentuk portofoliomu untuk meyakinkan orang yang akan menggunakan jasa voice over milikmu.

Baca juga: 5 Ide Usaha di Halaman Rumah, Salah Satunya Tempat Ngopi

5. Admin media sosial

Terlihat mudah tetapi sebenarnya membutuhkan ketelitian, kefokusan, dan manajemen waktu yang amat baik.

Menjadi admin media sosial mengharuskan kamu paham betul mengenai media sosial yang dipegang dan standby hampir setiap saat.

Biasanya, admin media sosial bertanggung jawab sebagai orang terdepan yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Oleh karena itu, untuk menjadi admin media sosial dibutuhkan skill komunikasi yang baik dengan pelanggan secara online.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Untung Besar, Patut Dicoba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com