Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tips Sukses Berbisnis Online untuk Pemula

Kompas.com - 28/02/2023, 20:00 WIB
Rheina Arfiana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat ini, perkembangan teknologi memberikan banyak kemudahan seperti untuk berbisnis online. Dengan begitu, bisnis online dianggap mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi, melakukan bisnis online tak mudah seperti yang terlihat. Ada banyak hal yang mesti diperhatikan agar bisnis sukses.

Untuk para pemula, berikut ini 10 tips sukses berbisnis online yang bisa dilakukan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Lakukan Riset Pasar

Langkah awal yang bisa dilakukan dengan melakukan riset pasar. Riset ini penting untuk dilakukan supaya Kamu mengetahui kebutuhan pasar secara obyektif.

Melakukan riset ini bisa melalui media sosial. Dari sana dapat mengetahui apa saja yang sedang populer baik produk maupun jasa yang sedang disukai masyarakat luas.

Selain itu, Kamu bisa membuat survei secara online untuk memperoleh informasi yang lebih detail. Bahkan, Kamu bisa meminta saran dari calon pelanggan terkait hal apa yang diperlukan.

2. Tentukan Produk

Selanjutnya, Kamu bisa menentukan produk yang ingin dijual. Jangan lupakan untuk mengetahui akan peluang dan risiko dari produk yang mau dijual supaya lebih mudah mengambil keputusan.

3. Tentukan Supplier

Mencari supplier harus sesuai dengan bisnis yang Kamu mulai. Supplier sangat berpengaruh untuk mengembangkan bisnis.

Apabila mendapat supplier terpercaya, bisnismu akan berjalan lancar dan produk pun berkualitas.

Selain itu, mendapatkan harga pokok di bawah pasaran yang diberikan membuatmu memperoleh keuntungan lebih.

4. Lakukan Riset Kompetitor

Keempat, lakukan riset kompetitor untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan pesaing. Lalu, Kamu dapat mengatur strategi bisnis supaya bisnis yang dimiliki lebih unggul.

Selain itu, melalui riset ini juga bisa membandingkan harga produk di kompetitor dan mengetahui harga produk yang ada di pasaran.

5. Menetapkan target pasar

Setelah melakukan riset kompetitor, menetapkan target pasar karena Kamu bisa mengetahui konsumen dengan karakteristik yang sama dan cocok dengan produk yang dijual.

Dengan target pasar yang jelas, bisnis yang Kamu buat akan berkembang karena sesuai keperluan pasar. Bahkan, lebih mudah membuat strategi pemasaran.

6. Lakukan Promosi

Keenam, melakukan promosi karena dapat membuat produk yang Kamu jual dikenal orang banyak. Kamu bisa melakukan promosi melalui media sosial secara gratis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com