Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Online, Apa Saja?

Kompas.com - 07/06/2023, 15:00 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber midtrans

KOMPAS.com - Sekarang ini, apa saja bisa dijadikan bisnis  secara online, salah satunya adalah kosmetik. Untuk Di mana bisnis kosmetik online bisa dilakukan oleh seorang pemula.

Tidak hanya itu, bisnis kosmetik online memiliki peluang yang cukup besar dan keuntungan yang menggiurkan.

Oleh karena itu, apakah kamu tertarik untuk melakukannya? Supaya bisnis lancar, berikut cara sukses memulai bisnis kosmetik online.

1. Menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu

Ketika memulai bisnis kosmetik online, kamu bisa memilih untuk menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu.

Dalam konteks tersebut, menjadi reseller adalah dengan kamu membeli produk lalu menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. Di mana reseller mempunyai stok produk dan melakukan pengiriman jika ada pesanan, tetapi tidak memproduksi sendiri.

Baca juga: Ingin Merintis Menjadi Dropshipper? Ini Tips Mudahnya

Sementara menjadi dropshipper, kamu hanya memasarkan produk pihak lain dan saat ada pesanan pihak tersebut yang mengirimkan produk ke pelanggan. Jadi, dropshipper mendapat keuntungan atas jasa pemasarannya.

Dengan menjadi reseller atau dropshipper bisa membuatmu mempelajari cara berbisnis langsung tanpa membuat produk sendiri.

2. Memilih produk yang terkenal

Selanjutnya memilih produk yang telah dikenal masyarakat luas supaya calon pelanggan tidak merasa ragu ataupun takut untuk melakukan pembelian. Selain itu, pastikan juga produk telah melalui uji klinis dan menerima lisensi BPOM.

Tidak jarang, sejumlah brand memberikan kesempatan untuk menjual produk mereka. Kamu bisa mencari tahu informasi mengenai kesempatan tersebut dengan menelusuri marketplace atau media sosial dari pemilik produk.

3. Melakukan promosi di media sosial

Selanjutnya setelah menentukan produk yang akan dijual dan dari mana memperolehnya. Kamu bisa dengan mempromosikan produk yang dijual melalui media sosial.

Baca juga: Pemula Harus Tahu, Ini Cara Jitu Promosikan Produk Kosmetik Lokal

Kenapa media sosial? Karena belakangan ini pengguna media sosial terus meningkat setiap tahunnya. Media sosial yang bisa dipilih seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan lainnya. Sehingga, buatlah strategi promosi melalui media sosial secara matang.

4. Mengikuti tren kosmetik

Industri di bidang kosmetik terus berkembang, supaya pebisnis tidak tertinggal jangan lewatkan tren tersebut. Dengan memanfaatkan tren bisa meningkatkan penjualan.

Misalnya sedang tren douyin makeup look, tambahkan bisnismu ke dalam tren tersebut dengan memperlihatkan cara mengikuti penampilan itu dengan memakai produk jualanmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber midtrans
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com