Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lazada Seller Conference 2023, Bantu Pelaku UMKM Bersiap Hadapi Festival Belanja Akhir Tahun

Kompas.com - 29/10/2023, 17:03 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), kini telah sangat terdorong dan terbantu dengan hadirnya platform e-commerce.

Dari riset Populix 2023, menunjukkan sebanyak 82 persen e-Commerce menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kesehatan, dibandingkan di media sosial dengan perolehan sebanyak 13 persen.

Untuk membantu UMKM menangkap peluang ini, terutama jelang festival belanja akhir tahun, Lazada Indonesia kembali menggelar Lazada Seller Conference: Level Up 2023. Event ini telah digelar sejak 2019 lalu.

Telah dibuka secara resmi oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, Lazada Seller Conference 2023 merupakan upaya Lazada meningkatkan pengetahuan bisnis dan juga membuka wawasan para pelaku UMKM dengan tren terkini.

Baca juga: Mengenal Fitur Analisis Toko dari Lazada untuk Bantu Genjot Penjualan UMKM

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, pemerintah baru saja menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 dalam rangka menciptakan persaingan usaha yang sehat dan melindungi produk UMKM.

"Sehingga, Kementerian Perdagangan akan terus bersinergi dengan industri e-commerce di Indonesia untuk menciptakan lingkungan e-commerce yang aman, nyaman, dan bermanfaat bagi semua,” ucapnya dalam video singkat sambutan pembukaan Lazada Seller Conference 2023, Sabtu (28/10/2023).

 Ia pun berharap dengan dilangsungkannya kegiatan ini, dapat menjadi media para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya.

Para peserta yang hadir di acara ini merupakan perwakilan dari pelaku UMKM dan brand lokal yang memiliki keseriusan mengembangkan bisnisnya di Lazada.

Pada sesi materi, seluruh materi yang dipaparkan dalam Lazada Seller Conference ini telah melalui kurasi dan disusun untuk memastikan kesesuaian wawasan dan informasi yang dapat diimplementasikan secara langsung pada bisnis mereka.

Baca juga: 8 Keuntungan Menjadi Penjual Di Lazada, Pebisnis Wajib Tahu

Inovasi Fitur Lazada Bisa Bantu Tingkatkan Penjualan

Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia, Stefan Winata juga turut hadir dalam Lazada Seller Conference dan memaparkan berbagai inovasi dan dukungan Lazada yang bisa membantu penjual di Lazada untuk fokus meningkatkan penjualannya.

“Inovasi Lazada dalam gamification serta penggunaan otomasi kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI) dalam berbagai fitur, diyakini bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk berbelanja di Lazada," kata Stefan dalam presentasinya.

"Kami mendorong para penjual di Lazada untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai fitur Lazada, untuk siap dalam menghadapi festival belanja akhir tahun mendatang,” tambahnya. 

Acara Lazada Seller Conference ditutup dengan talk show seru bersama digital expert dan serial entrepreneur, Denny Santoso, yang juga CEO & Founder Tribelio.com.

Dalam sesi talk show berjudul “Siap Menang di Era Pasar Digital 2024!", Denny memberikan motivasi dan strategi apik kepada para penjual Lazada, agar mereka bisa mengembangkan mentalitas sebagai pebisnis yang tangguh dan pintar dalam mengejar peluang, tanpa terjebak dalam pola pikir yang menghambat, yang sering disebut sebagai “Chicken Mindset”.

Baca juga: Nilai Pasar E-Commerce Terus Membesar, Lazada Siap Dukung UMKM Go Digital

Stefan berharap, acara tahunan Lazada Seller Conference ini bisa mendorong para penjual untuk terus belajar dan menggali ilmu berbisnis online sebanyak-banyaknya, baik dari eksekutif kami maupun dari para praktisi dan pebisnis sukses yang mengisi acara ini.

"Kerja sama yang erat antara Lazada dan penjual dibutuhkan untuk bisa sukses bersama. Selamat belajar, semangat naik kelas bersama Lazada!” pungkas Stefan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com