Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mastercard Gelar Forum "Strive Learning Network" untuk Dukung Perkembangan UMKM

Kompas.com - 16/11/2023, 18:58 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mastercard meluncurkan Strive Learning Network, sebuah forum untuk memberi ruang kolaborasi guna menghasilkan kebijakan yang mendukung usaha kecil.

Forum tersebut diinisiasi oleh Mastercard bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), MercyCorps Indonesia, dan Asian Venture Philanthropy Network (AVPN), dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

"Program ini merupakan bagian dari upaya untuk memberdayakan 300.000 usaha kecil di Indonesia agar dapat meraih kesuksesan di era ekonomi digital," jelas manajemen Mastercard dalam keterangan resminya, Kamis (16/11/2023).

Baca juga: Produk Gula Kelapa UMKM Ini Tembus ke 10 Negara

Dalam sesi ini, Strive Learning Network mempertemukan 26 pakar dan praktisi dari berbagai organisasi dan sektor.

Dalam forum tersebut terungkap bahwa lebih dari 90 persen usaha-usaha mikro dan kecil di Indonesia tidak memiliki legalitas usaha, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB).

Dengan memikili NIB, akan membuka lebih banyak peluang bagi usaha kecil seperti akses ke pasar baru, sumber pendanaan, pendampingan bisnis, dan perlindungan hukum.

"Diskusi tersebut mengungkapkan bahwa banyak usaha kecil yang tidak memiliki legalitas usaha masih belum menyadari manfaat legalisasi, dan mereka masih kesulitan dalam menyelesaikan proses registrasi usaha karena keterbatasan kemampuan digital," lanjut manajemen Mastercard.

Baca juga: Simak 4 Tips Memulai Bisnis Make Up Artist

Untuk mengatasi kesenjangan pengetahuan ini, diperlukan program edukasi dan peningkatan kesadaran, yang menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak terkait untuk memudahkan transisi usaha kecil di Indonesia menjadi entitas formal.

Mastercard Strive Indonesia juga akan menyediakan platform pembelajaran dan pendampingan bagi para peserta program untuk membimbing mereka dalam melakukan proses registrasi usaha dan memahami persyaratan hukum, sehingga mereka dapat memperoleh izin dan sertifikasi usaha yang diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com