Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Membangun dan Menjaga Networking

Kompas.com - 12/01/2022, 11:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Networking adalah jaringan yang terbentuk dari pertukaran informasi atau ide di antara rekan seprofesi atau minat khusus.

Biasanya networking terbentuk dalam lingkungan sosial informal, dan berawal dari satu kesamaan seperti memiliki hobi yang sama dan tergabung dalam satu komunitas.

Networking umumnya dipakai kalangan profesional untuk memperluas relasi. Biasanya untuk mencari peluang kerja, atau berbagi informasi dan tren di bidang yang disukai.

Sementara itu, bagi pemilik bisnis, membangun jaringan atau networking adalah untuk mengembangkan bisnisnya di masa depan. Koneksi ini membantu pebisnis membangun hubungan dan kepercayaan di antara komunitasnya.

Lalu, bagaimana cara membangun networking dan menjaga hubungan tersebut? Berikut tips membangun networking dan menjaga hubungan dikutip dari Lifepal.

1. Fokus pada target

Membangun networking perlu proses dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Melihat kondisi ini, kamu harus tetapkan tujuan berapa lama kamu bisa dikenal dalam perkumpulan yang ingin kamu masuki.

2. Percaya diri

Agar bisa dikenal dalam lingkungan yang baru, kamu harus punya percaya diri yang tinggi. Namiun, bukan berarti harus menyombongkan diri.

Percaya diri di sini artinya mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Bila perlu, keluarkan kemampuan diri untuk membuat kamu jadi unik dan berbeda dari yang lain.
Aktif mengikuti banyak kegiatan

Melalui seminar atau training akan membuka peluang mendapatkan kenalan relasi dari berbagai latar belakang.

Cara ini menjadi langkah yang efektif untuk membangun networking. Selain seminar atau training, kamu juga bisa ikut dalam komunitas atau organisasi sejenis. Dari acara ini akan banyak kenalan relasi yang bisa kamu dapatkan.

3. Siapkan kartu nama

Selalu siapkan kartu nama di mana pun kamu berada. Kartu nama menjadi “perwakilan” kamu dalam membangun impresi dengan kenalan baru.

Jangan lupa untuk memberikan kartu nama pada kenalan baru. Meski terlihat sepele, tetapi kartu nama bisa memberi efek yang besar di kemudian hari.

Sebab, dengan kartu nama tersebut relasi baru akan mudah untuk menghubungi kamu.

4. Keluar dari zona nyaman

Tips selanjutnya adalah mampu beradaptasi di lingkungan baru. Jangan pernah malu untuk memulai menyapa atau memulai pembicaraan.

Keluarlah dari zona nyaman. Bagi golongan introvert, pastinya merupakan langkah yang berat. Namun ingat, kamu punya target membangun networking untuk masa depan impian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com