Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Produk yang Ciamik Bisa Bantu Penjualan, Ini Tipsnya

Kompas.com - 18/01/2022, 10:31 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pebisnis, kamu dituntut untuk bisa menunjukkan bahwa produk yang kamu jual benar-benar oke. Salah satu yang menjadi tanda produk kamu memang bagus adalah tampilannya.

Untuk itu, kamu harus memfoto produk kamu agar benar-benar bisa meyakinkan pembeli. Tak harus mahal, kamu bisa menggunakan smartphone untuk mengambil gambar produk yang kamu jual.

Mengutip TGSL Kompas TV Selasa (18/1/2021), ada sejumlah tips mengambil gambar produk dengan smartphone.

Baca juga: Ini Tips Membuat Caption di Medsos agar Menarik Calon Pembeli

1. Pilih Smartphone yang Punya Kamera Bagus

Usahakan smartphone yang kamu gunakan benar-benar bisa menghasilkan gambar yang bagus. Semakin tinggi piksel kamera, akan semakin baik gambar yang dihasilkan. 

2. Siapkan produk dan tambahkan asesoris yang sesuai

Produk yang kamu foto bisa ditambahkan asesoris yang sesuai di sampingnya, namun jangan terlalu ramai. Ini bisa semakin menguatkan image dari produk yang kamu foto

3. Siapkan background yang diinginkan

Background produk bisa dipilih sesuai selera, tapi selama ini yang paling sering digunakan adalah warna putih. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan kertas karton warna putih, HVS, kain putih, dan sebagainya.

4. Gunakan satu sumber cahaya

Cahaya matahari adalah sumber cahaya terbaik. Untuk itu, kamu bisa memilih waktu yang tepat saat cahaya matahari optimal, dan kamu bisa mengambil gambar di dekat jendela rumah.

Baca juga: Panduan Memulai Bisnis Mainan Anak-Anak

5. Foto dari berbagai angle

Ambil gambar produk kamu dari berbagai sudut, dari atas, depan, dan samping. Ini untuk mendapatkan gambar yang pas dan paling baik.

6. Foto dari jarak dekat dan fokus ke produk

Saat mengambil gambar, fotolah produkmu dari jarak dekat. Ini dimaksudkan agar cahaya, warna, dan fokus tetap berada pada produk kamu.

7. Edit pakai aplikasi editing

Setelah foto yang kamu pilih benar-benar sesuai dan bagus, kamu bisa memainkan kontras warna memotong, dan sebagainya dengan aplikasi editing. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com