Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

G20 Dorong Penguatan Basis Data UMKM

Kompas.com - 06/02/2022, 10:25 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penguatan basis data UMKM sangat diperlukan agar layanan keuangan yang dikembangkan oleh berbagai pihak bisa diakses oleh kelompok usaha tersebut.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menuturkan penguatan basis data ini secara tidak langsung juga akan inklusivitas keuangan karena terbukanya pilihan-pilihan produk dan layanan keuangan bagi UMKM.

"Ini mengemuka dalam pertemuan 1st Plenary Meeting of Global Partnership for Financial Inclusion (GPFI) yang diselenggarakan oleh Presidensi G20 Indonesia jalur keuangan guna membahas peran digitalisasi untuk meningkatkan inklusi keuangan dan pengembangan UMKM," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (6/2/2021).

Baca juga: Tips Pengajuan KUR bagi UMKM dari Credibook

Erwin mengungkapkan dalam diskusi mengenai pembiayaan UMKM, mengemuka usulan mengenai penggunaan kerangka analisis untuk layanan keuangan digital untuk memperkuat akses UMKM terhadap layanan keuangan digital.

Dalam pertemuan ini juga dibahas pentingnya identifikasi pendekatan dan metode yang paling efisien untuk melakukan harmonisasi data.

Erwin menyatakan, anggota GPFI sepakat bahwa harmonisasi data sangat penting untuk pengembangan inklusi keuangan digital.

Dalam pertemuan GPFI juga dibahas topik mengenai inklusi keuangan digital dan perlindungan konsumen dalam mendukung inklusi keuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com