Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Potensi Industri Fesyen dan Halal, BSI Gelar Hijab Market Indonesia

Kompas.com - 08/02/2022, 17:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) akan menggelar Hijab Market Indonesia yang akan dilakukan di beberapa kota dari Maret-Desember 2022.

Direktur Penjualan & Distribusi BSI, Anton Sukarna mengatakan event tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya BSI menghidupkan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia.

Hal ini mengacu pada masterplan yaitu dengan melihat potensi pengembangan bisnis pada sektor Makanan & Minuman Halal, Fesyen Muslim (Modest Fashion), dan Farmasi & Kosmetik Halal.

Baca juga: Tips Sukses Jalani Usaha Sampingan, Salah Satunya Jangan Boros!

 

Selain itu, BSI juga perlu melihat peluang untuk bagaimana dapat terlibat dan berkontribusi dalam pengembangan Kawasan Industri Halal (KIH).

“Event ini merupakan komitmen BSI dalam mendukung perkembangan ekosistem halal di Indonesia. Ada 3 sektor yang BSI fokuskan pada pengembangan ekosistem halal di tanah air yaitu makanan dan minuman halal, fesyen muslim, dan farmasi dan kosmetik halal,” kata Anton dalam keterangan resmi, Senin (7/2/2022).

Bank Syariah Indonesia menilai, peningkatan produksi produk dan jasa halal di Indonesia dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan strategi.

Dalam hal ini melakukan akselerasi sertifikasi halal khususnya pada segmen UMKM yang saat ini sudah memperoleh insentif berupa sertifikasi halal gratis bagi UMK, dilanjutkan dengan strategi pendampingan dan peningkatan kapasitas UMKM halal tersebut hingga berdaya saing ekspor.

Terdapat tiga area yang dapat menjadi fokus peningkatan nilai industri halal, yaitu peningkatan ekspor produk halal, produksi substitusi impor, dan peningkatan foreign direct investment (FDI) di sektor halal.

Baca juga: Mantan Preman Buka Bisnis Bubur Kacang Ijo, Raup Omzet Rp 60 Juta Per Bulan

 

Ketiga area tersebut tentunya akan mendorong pengembangan industri halal nasional bukan hanya sebagai konsumen atau pasar terbesar di dunia, tetapi juga bagaimana menjadikan Indonesia sebagai produsen produk/jasa halal terbesar dunia.

Untuk Indonesia Hijab Fest sendiri, nantinya akan mengadakan beberapa event Hijab Market Indonesia yang diadakan di 8 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Cikarang, Tangerang, Depok, Bekasi, Bandung, Serang, dan Cibinong.

Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan e-commerce Shopee, untuk mengadakan event seperti Hijab Market Ramadan, Hijab Market Mid Year Sale, Hijab Market September Ceria, dan Hijab Market Year End Sale.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com