Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Hadirkan 3 UMKM Binaan pada Adiwastra Nusantara 2022

Kompas.com - 14/02/2022, 07:47 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melibatkan setidaknya tiga UMK binaan dalam ajang pameran Kain Adat terbesar di Indonesia Adiwastra Nusantara ke-15 yang digelar 9 - 13 Februari 2022.

Salah satu UMKM binaan Pertamina yang mengikuti pameran ini adalah Ifthitakiyah yang tergabung dalam Galeri Enterpreneurship Nusantara (GEN) UMKM Pertamina.

Pemilik usaha Produk Pekatan ini memamerkan produk batik tulis miliknya yang bisa dijahit custom. Sedangkan untuk produk ready to wear tersedia aneka produk kemeja, jaket bomber dan mukena yang semuanya dikombinasikan dengan batik.

Baca juga: Dukung Produk UMKM, Sarinah Ikut Pameran Adiwastra Nusantara

Ifti berujar, bahwa ini merupakan kali pertama dia mengikuti pemeran sejak tergabung dalam GEN UMKM Pertamina.

"Saya berharap agar pandemi segera berlalu hingga dapat bergabung kembali pada pemeran-pameran berikutnya. Terima kasih Pertamina atas kesempatannya untuk bisa mengikuti pameran kali ini,” ujar Ifti.

Hal senada diucapkan oleh Hetty, pemilik Rizkya Batik juga terlihat antusias mengikuti ajang itu. Terlebih, saat pandemi seperti ini gerak usaha kreatif secara offline sangat dibatasi.

“Adanya kesempatan ini dapat mengobati rindu kami berpameran bersama Pertamina,” ujarnya. Hetty menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi apresiasi baginya untuk memamerkan hasil karya terbaik Rizkya Batik.

Baca juga: Konsisten Pakai Bahan Baku Kulit Asli, Kuncoro Raup Omzet Rp 80 Juta Per Bulan

Sementara itu, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengungkapkan, ketiga UMKM ini merupakan mitra binaan unggulan yang telah mendapatkan berbagai pembinaan yang tergabung dalam Pertamina UMK Academy.

"Ke depan, akan lebih banyak lagi UMKM yang berkesempatan untuk mendapatkan berbagai pembinaan dan memperoleh kesempatan yang sama untuk mengikuti berbagai pameran baik dalam maupun luar negeri. Adapun total penjualan GEN UMKM hingga hari ke-2 adalah sebesar Rp 70 juta," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com