Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalankan Bisnis Online, Jangan Lupa Kelola Medsos dengan Baik

Kompas.com - 14/02/2022, 15:06 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalankan bisnis secara online banyak dilakukan oleh pemilik usaha, baik usaha skala besar maupun UMKM.

Dalam menjalankan usaha secara online, peran media sosial menjadi satu hal yang tak bisa dipisahkan. Untuk itu, media sosial harus dikelola dengan baik agar bisa berkontribusi secara maksimal pada bisnis yang dijalankan.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh UMKM pemula dalam mengelola medsos untuk bisnis.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Penghasil Cuan

1. Tentukan platform yang digunakan

Pilih platform yang sesuai dengan produk jualan, bisa Instagram, Facebook, Twitter atau Whatsapp. Dalam menentukan platform, harus dipertimbangkan mengenai target audiens utama, profil audiens, obyektif bisnis, riset kompetitor, dan sesuaikan dengan kemampuan tim media sosial.

2. Konten sesuai kebutuhan konsumen

Sesuaikan konten yang ditayangkan di akun medsos sesuai dengan konsumen yang dibidik.  Lalu buatlah informasi detail mengenai profil audiens yang ingin kita sasar, dari aspek demografi dan psikografi untuk kemudian menjadi dasar dalam pembuatan konten medsos.

3. Buat aturan untuk tim media sosial

Dalam mengelola akun bisnis, tentukan siapa yang bertugas kemudian rumuskan aturan dalam mengelola media sosial. Ini perlu dilakukan agar taste dari konten yang tayang di medsos tetap konsisten.

Baca juga: Cara Memilih Nama Usaha yang Tepat dan Mudah Dikenal

4. Benchmark konten

Tentukan benchmark atau patokan konten dari medsos lain yang bisa dijadikan panduan. Sehingga tim pengelola medsos akan tahu konten-konten yang harus ditayangkan dengan memanfaatkan isu yang sedang ramai.

5. FAQ

Jangan lupa buat template frequently asked questions (FAQ) di medsos agar calon pembeli bisa langsung mendapat jawaban jika ada pertanyaan yang sudah sering ditanyakan.

6. Buat database

Selalu catat kinerja akun medsos bisnis kamu dan selalu cek insight berkala lalu evaluasi performa akun medsos bisnis yang kamu jalankan. Dari sini, kamu akan tahu hal-hal yang menyebabkan medsos kamu punya engagement bagus maupun sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com