Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

72 UMKM Binaan Bank Indonesia "Unjuk Gigi" di Dubai Expo 2020

Kompas.com - 14/03/2022, 17:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

 JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia memboyong 72 produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke acara pameran Dubai Expo 2020 yang digelar pada 11-17 Maret 2022.

Sebanyak 72 produk UMKM tersebut merupakan UMKM binaan Bank Indonesia dan dipamerkan dalam acara “Bank Indonesia Special Week" di Paviliun Indonesia.

Pengusaha UMKM yang dipamerkan dalam Dubai Expo 2020 tersebut merupakan anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA).

Pameran Dubai Expo tersebut merupakan pameran internasional yang diselenggarakan 5 tahun sekali.

"Pameran tersebut merupakan bagian dari side event Presidensi G20 2022 yang menekankan pentingnya peran UMKM sebagai salah satu agenda finance trackG20 dalam semangat Recover Together, Recover Stronger," kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono dalam keterangan resmi.

Erwin mengatakan, ragam produk UMKM unggulan yang diboyong meliputi perhiasan, busana termasuk aksesoris, tekstil dan pakaian jadi, produk perawatan tubuh, pernak pernik rumah tangga, makanan dan minuman, dan lainnya.

Erwin menyebutkan, pengenalan produk UMKM pada Expo 2020 Dubai telah dimulai sejak November 2021 melalui proses kurasi yang cukup ketat.

"Adapun kualitas kurasi tersebut dibuktikan dengan permintaan tindak lanjut bisnis yang terus mengalir dari pembeli potensial luar negeri. Minat pembeli ini akan direspon dengan Business Matching UMKM sebagai wadah pertemuan dan sales pitch pembeli potensial dari mancanegara," ujar Erwin.

Selain itu, Bank Indonesia juga memanfaatkan momentum World Expo 2020 Dubai dan branding Dubai sebagai pemain global di dunia fesyen dan mode Islami dengan menyelenggarakan Fashion Show busana muslim dengan tema “Indonesia Modest Fashion Day".

Bank Indonesia menghadirkan dengan koleksi muslim/modest fesyen para desainer Indonesia berkolaborasi dengan PEA melalui penggunaan kain wastra.

Bank Indonesia juga menyelenggarakan rangkaian Business Forum yang mengangkat beragam topik antara lain diseminasi informasi potensi Indonesia dalam industri halal global, digitalisasi sistem pembayaran untuk ekonomi inklusif, dan upaya memperkuat UMKM dalam rantai pasok global.

Selain itu, hadir pula Coffee Cupping (17/3) yang memperkenalkan cita rasa kopi asli Indonesia ke para pengunjung, sehingga seluruh acara tersebut akan menjadi magnet bagi para calon pembeli dari berbagai belahan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com