Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkitkan Ekonomi Desa, PGN akan Tambah Jumlah Balkondes yang Dibina

Kompas.com - 15/03/2022, 17:44 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, akan menambah jumlah binaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) pariwisata di sejumlah wilayah dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat.

General Manager Sales Operation Region (SOR) 3 Wilayah Jatim, Jateng, Bali, Nusa Tenggara, Iwan Yuli Widyastato menuturkan salah satu wilayah yang dijajaki adalah Yogyakarta. Ini karena perekonomian daerah tersebut selama ini banyak dikontribusi dari kegiatan pariwisata.

"Tentu kami punya rencana untuk menambah jumlah Balkondes binaan, salah satunya di Yogyakarta," ujarnya kepada media, Sabtu  (12/3/2022).

Baca juga: BUMDes Binaan PGN Ini Berhasil Cuan Rp 250 Juta Selama Pandemi

Iwan menyebut, langkah menambah jumlah binaan Balkondes ini sejalan dengan rencana perusahaan mengimplementasikan program Gas Masuk Desa.

Sejauh ini, program Gas Masuk Desa telah dijalankan di Desa Karangrejo, yang berada di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Program tersebut diimplementasikan berbarengan dengan pembinaan Balkondes Karangrejo yang menyediakan fasilitas penginapan atau homestay bagi wisatawan.

Balkondes PGN Karangrejo memiliki layanan homestay yang terdiri atas 4 (empat) homestay family, 2 (dua) homestay couple, dan 4 (empat) room single. Selain itu, juga tersedia resto, meeting room dan weeding room.

Desa Energi

Desa Karagrejo merupakan wilayah yang menjadi pilot project Gas Masuk Desa yang diinisiasi oleh PGN. Di desa ini, perseroan telah menyalurkan gas kepada 204 rumah untuk menggantikan elpiji yang selama ini banyak dipakai.

Sejumlah warga mengaku bersyukur bisa mendapatkan pasokan gas dari PGN, sehingga mereka tak lagi kerepotan mendapatkan bahan bakar untuk memasak.

Sementara itu Bagian Kesra Desa Karangrejo Rohadi menuturkan pihaknya merasa berterima kasih kepada PGN yang telah banyak berkontribusi ke masyarakat desa melalui program Gas Masuk Desa serta membantu membina Balkondes.

Baca juga: 7 Cara Promosikan Produk di Instagram agar Cepat Laris Manis

Dari binaan yang dilakukan, Balkondes Karangrejo berhasil memperoleh laba bersih yang lumayan, meski dalam kondisi pandemi. 

"Kami merasa berterima kasih kepada PGN. Dulu desa kami masuk kategori desa tertinggal. Saat ini seluruh warga desa bisa menikmati perbaikan kesejahteraan," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com