UMKM Binaan TPL di Kawasan Danau Toba Ikuti The Onan Of Toba Kaldera

Kompas.com - 16/03/2022, 09:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku UMKM di wilayah Danau Toba berharap perekonomian masyarakat bisa bangkit seiring dengan penetapan kawasan tersebut sebagai destinasi super-prioritas.

Bangkitnya UMKM di kawasan ini diharapkan bisa dilakukan dengan kolaborasi antara pelaku usaha dengan berbagai mitra, seperti halnya pemerintah maupun perusahaan swasta.

Salah satu yang diinisiasi adalah The Onan Of Toba Kaldera. Ini merupakan event yang menghadirkan hasil produksi UMKM dari 8 Kabupaten se-Kawasan Danau Toba yang berlangsung 11-13 Maret 2022. 

Baca juga: 72 UMKM Binaan Bank Indonesia "Unjuk Gigi" di Dubai Expo 2020

Ketua Asosiasi UMKM Kawasan Danau Toba, Marandus Sirait menuturkan, event ini harus bisa menjadi sarana bagi UMKM untuk mengembangkan berbagai produk, seiring dengan ditetapkannya Danau Toba sebagai destinasi super-prioritas pariwisata.

“Kami berharap kepada para mitra kerja untuk terus melakukan pendampingan secara berkesinambungan agar pelaku UMKM berjalan dengan lebih cepat lagi,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (16/3/2022).

Dia juga mengajak para pelaku usaha untuk bergabung dalam asosiasi dalam upaya berbagi informasi dan meningkatkan kemampuan diri melalui pelatihan-pelatihan yang difasilitasi mitra kerja, seperti PT TPL.

Sementara itu, salah satu mitra UMKM yang ikut ambil bagian dalam event tersebut adalah PT Toba Pulp Lestari Tbk (PT TPL).

Pada event ini, UMKM binaan perseroan yang hadir dalam event tersebut di antaranya Madu Situak Ni Loba, Keripik Andaliman, Keripik Pisang Toba, Sambal Andaliman, Kopi dan Sabun Cuci Piring.

Produk tersebut merupakan hasil olahan dari Desa Siantar Utara, Kecamatan Parmaksian dan Desa Simare, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba, Desa Sosor Tolong Sihite II dan Lumban Julu Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, serta Nagori Sihaporas, Kabupaten Simalungun.

Sementara itu salah satu UMKM binaan TPL Jupiter Lumban Raja yang juga petani lebah madu dari Desa Aek Natolu merasakan dampak positif dukungan PT TPL, sehingga ternak Lebah yang dikelola berkembang.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.