Per April 2022, BNI Salurkan KUR Rp 47,6 Triliun

Kompas.com - 23/05/2022, 08:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) pada April menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 47,6 triliun per April 2022 tumbuh 28,9 persen year on year (yoy).

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto menuturkan, pertumbuhan penyaluran KUR ini sejalan dengan tren pemulihan ekonomi, sekaligus upaya BNI dalam mendorong kinerja mitra debitur UMKM.

“Upaya yang kami lakukan ini adalah untuk menjaga momentum pertumbuhan segmen UMKM BNI. Tentunya tren ini akan terus dipertahankan sehingga dapat membantu lebih banyak pelaku UMKM mampu meningkatkan kinerjanya pada tahun ini,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (22/5/2022).

Baca juga: Jurus Bisnis UMKM Tahan Banting dan Awet Sepanjang Masa

Ia menyampaikan, BNI adalah agen penyalur KUR pemerintah yang proaktif mencari potensi pertumbuhan ekonomi baru dari segmen UMKM.

Karena itu, BNI pun menyalurkan KUR hingga Rp38 triliun pada 2022 atau naik 22,7 persen dibandingkan alokasi KUR BNI di 2021 senilai Rp30,95 triliun.

Sis menyampaikan, perseroan memiliki tiga strategi utama yang digunakan BNI untuk mendorong kinerja penyaluran KUR tahun 2022 ini.

Pertama, BNI mendorong penyaluran KUR berbasis klaster, salah satunya dengan fokus menggarap potensi UMKM sektor pertanian daerah.

Baca juga: Tahun Depan, Kemenkop UKM Targetkan Bangun 6 Rumah Produksi Bersama

Kedua, BNI meningkatkan pembiayaan kepada mitra debitur korporasi melalui skema value chain.

“Terakhir kami menggunakan tools digitalisasi kredit serta kerjasama dengan mitra strategis untuk mendukung optimalisasi big data UMKM yang akhirnya mempercepat penyaluran sekaligus meningkatkan kualitas kredit,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Antara
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.